Tuesday, December 31, 2013

9:28 PM
tahun 2013 dah lewat, rasanya banyak sekali gim yg rilis tahun kmaren (yang bikin saya tertarik). 
apa karena ada cod ghost sama betelpil? nggak ah ga, maen saya
saya ndak gitu suka gim2 bedilan, terutama yg isinya bule2 ototen (no offense buat penggemar fps model cod dkk).

2013 banyak gim wibo rilis


:v

berikut ini kesan2 untuk gim yg sempat saya beli/mainkan di th 2013. mungkin bisa bermanfaat buat yang seleranya sama/mirip. namanya opini ya subyektif, ngak akurat. nulis seingetnya aja de, kadang lupa dah maen apa aja. gak urut juga berdasarkan tgl rilis, senang2 saya aja dong. oiya, ati2 spoiler, kali aja ada :D







Monster Monpiece (vita)

gim gosok2 kartu, kirain cuman jual fanserpiks, trnyata gemplaynya mayan juga. Semacam tower defense tp digabung dengan sistem kartu2an. Buat sistem gameplaynya sendiri mudah dimengerti kok, jd mungkin yg buta bahasa wibo ga usah takut maen gim ini. Jujur buat story sih, kyknya bosok de, tp tetep menghibur. Soundtracknya, buat ukuran gim CH, surprisingly good. Makanya sempet kaget saya, kalo inget soundtracknya nepu 1.... wkwkwwkw 
Ga pernah niat bakal beli sih, tp gagara 1st press ed dapet kartu nepu ya... jadi deh
karena ga ada ekspektasi khusus, monpiece rasanya di atas ekspektasi saya, and in a good way. Overall, monpiece is an enjoyable game, especially buat moefaqs.







Ni no Kuni (ps3)


dah lama ditungguin, sejak rilis di ds th 2010, mau maen males banget harus bawa buku kemana2. wtf level 5? pantes gak laku di jp. th 2011 rilis versi ps3nya.. di jp, karena dah nunggu ya mending nunggu sekalian versi bulenya. eh kok taunya baru rilis th 2013. Yauda, sabar akhirnya. Pokemon campur FF campur tales, mungkin bisa dibilang kyk gitu. Storynya mayan, yg suka cerita fantasi klasik bakal seneng, yang suka ff klasik juga bakal seneng karena ada WORLD MAP and TOWNS. TOWNS. mungkin masi buthurt ff13 g ada TOWNS wkwwk, makanya rasanya ni no kuni asik bet. yang bikin jengkel si pas nangkep pokemon familiar yg rasanya based on.. luck. kadang sekali gelut bisa, kadang sampe 20 kali gelut ga ketangkep2. biasanya saya iklas si, kalo ketemu monster baru terus ga ketangkep, tapi masalahnya kadang buat sidequest itu yang malesi. Yang bikin malesi lagi quest post-game yg suruh cari scroll2... dengan steal.... yang lebih susah lagi kayaknya. Jadi males. Saya pemalas ya. Tp itu cuman sidequest sih, gak begitu ngaruh buat di main story, cuman buat unlock perks2 tertentu aja, jd kalo ada yg mau ngebut main story, ga usah bingungin yg ini rasanya. Overall gim ini bagus n fun, I recommend it very much!  

Zero no Kiseki Evolution (vita)

aslinya dah beli dari oktober tahun lalu sih, cuman pas pertama maen, kena freeze terus. wtf, nasib2. padahal dah seneng banget mikirin bisa maen zero no kiseki WITH VOICES. sampe akhirnya ada patch, buat ngatasi masalah freeze itu. nah, pas ada patch rilis, saya masi sibuk dengan gim laen, jadi baru sempet maen ya tahun ini. Moving on, kalo dah maen versi psp, mungkin rasanya g ada improvement yg signifikan, cuman resolusi yg di bump sama rearranged soundtracks (yg imo beberapa bgm malah lebih miih versi aslinya saya). gim falcom emang manteb2 soundtracknya. Yg bikin saya semangat maenin si mainly ya karena VOICES. dulu maen versi psp, bisu kabeh, padahal volume dialognya ga karuan, kanji tok, mumet bleh. Tambahan voice ini mungkin kelihatannya sepele, tp bagi saya itu tambahan yg sangat besar. Voice actingnya bagus imo, membuat cerita lloyd n co terasa lebih hidup. Lloyd yg goofy, Elie yg lovely, Tio yg unyu :3, dan Randy yg nggobloki. Jujur, yg paling bikin kocak si Randy. koplak banget deh pokoknya, tiap ada cewe langsung nafsu,, tiap lloyd dipeluk cewek baru langsung emosi wakaka. salut buat kadokawa yg mau remake/port dengan full voice kyk gini, karena sperti yg sudah saya sebutkan sebelumnya, volume dialog di seri LoH emang ga main-main, buanyakk banget. panteslah kalo XSEEd sampe sekarang blom selse2 translet TitS SC, harap maklum. meski cuman port dari psp tanpa ada improvement dari segi grafik yg signifikan, saya rasa ZnK Evol gim yg solid, dan sangat layak untuk dimainkan. apalagi ao no kiseki juga akan dibikin versi evolnya tahun depan. buat yg suka rpg, wajib maen, apalagi buat penggemar seri LoH, fardlu ain bleh.

Macross 30 (ps3)

kalo inget macross 30, inget gogon
tiap kali gogon terlalu hype, malah gajadi maen2. lol. Macross 30 masuk seller indon sekitar 2 minggu setelah rilis, sampe dah mayan basi rasanya, jd saya rada males buat maen. Baru sekitar april kyknya saya sempet maen. Kalo di trailer emang bilang, flying rpg simulator, ya saya setuju dg itu. Gameplay sih kurang lebih masi kyk seri macross bikinan artdink di psp (yaiyalah devnya sama), cuman disini bumbu rpgnya lebih ditekankan. tiap kali bunuh musuh, ada exp, bisa levelup. peluru juga beli. mau pesawat baru bikin dulu dari blueprint. ada semacam kota. ada explorasi open world. ditambah lagi rooster karakter macross allstar dari semua seri. Wow that's like... dream comes true! 

di atas kertas emang ide yang sangat brilian, tp eksekusinya kurang bagus. emang si ada kota, tp cuman semacam kota. tiap map rasanya lifeless, g ada orang, padahal katanya rpg? kota juga isinya cuman satu orang, tukang jualan item ama tukang ngasi quest. Saya tidak mengatakan M30, jelek, tp seharusnya bisa lebih dari ini kalo emang mau allout bikin "flying rpg". IMO sih, mending balik lagi ke formula kyk biasanya, yg notabene lebih arcade-y, lebih fun. Buat story sendiri sih, standar story crossover, dimension and time travelling shit. tp tetep enjoyable, mau dimana lagi bisa ngliat minmay ama ranka&sheryl nyanyi bareng. opening songnya juga muanteb
haruka saki eeeee ftw. 
also, fuck you alto, kerjaane pamer cewek2e :@


Senran Kagura Shinovi VS (vita)
boobs are life, ass is hometown, nuff said.

fanserpiks aside, SK:SV dr segi gemplay surprisingly good n fun. kalo yg udah maen SK/SKB di 3ds mungkin pernah kepikiran, coba kalo 3d.. ya ini jawabannya. beda dengan SK/SKB, hack n slash sidescroller yang berada di lane 2d, SV memiliki area 3d dan gameplay mungkin sekilas mengingatkan kita pada seri dynasty wariors. ada 20 karakter, 10 baru dan 10 dari SK lama ,yg skill/combonya notabene masi sama/mirip. kyk SKB, homura masi bisa shana mode wwwwwww. tp jangan anggap ini sbg DW clone, coba maen aja, kroco2 lumayan pinter dan alot disini. especially those fucking pandas. damn. kerjaane ngglundung mulu. Btw, ada mode multiplayernya juga, dan ini imo asik banget, bisa rame, palagi kalo maen bareng orang2 anarkis. rebutan sempak terbang bleh wkwkw.

Tales of Hearts R (vita)
dari dulu saya emang suka banget seri tales. "prequel" hearts R, Innocence R juga merupakan salah satu alasan utama saya beli vita. innocence R rilis saya langsung beli vita lol. dibanding ToIR, grafik ToHR jauh lebih bagus. Gameplay juga asik, bisa warp ngilang2 gitu dibelakang musuh, overall peningkatan dari ToIR. counter guard juga masih ada, yg merupakan salah satu fitur favorit saya dari ToIR. Kalo pas maen ToIR setelah maen ToI, pasti ngerasa peningkatan besar meski grafis tetep kerasa abal2 kyk ps1. Tapi kalau sekarang, bandingin ToHR dan ToH, well, I'm not so sure. grafis iya si emang peningkatan, ToH dari 2d jadi 3d di ToHR.tp ToH sendiri dengan 2d punya charm tersendiri. gameplay saya sendiri lebih suka ToHR, buat para purist tales 2d mungkin lebih suka yang original, ya monggo. masalahnya di sini bukan sisi grafis ato gemple, story di ToHR ini justru DIPOTONG. he? dipotong? lha kalo toir ditambahi, tohr malah dipotong?
pas maen juga saya sendiri kaget.
lho
lho
ini kok gini, kok langsung gini?
jujur, di bagian ini original ToH is better. ToH udah bagus2 kok jadi kyk gini, rada kecewa deh jadinya. yg saya kecewa juga masalah cutscene. emang si, asalnya dari gim nds, layar 4:3, tapi yaa masak abis diremake cutscene cuman copas dari versi ds. yg "fullscreen: 16:9 cuman buat beberapa cutscene baru. bahkan opening aja gak full, spesial pake telor BLACK BARS. 
ToIR aja niat banget sampe openingnya dibikinin baru, pake lagu baru pula. sementara ini ToHR, bamco kyk kerja setengah2. Overall ini game manteb si, buat yg belom pernah maen ToH asli mungkin akan ngerasa ini buaguus banget, sedangkan buat yg dah maen ToH asli bakal sedikit kecewa. sayang gim ini kurang laku di jp, bahkan baba sampe ngeport ke ios, wtf baba?
jujur heran juga si knp ngak laku, padal bagus kok. jadi pesimis tales of tempest r bakal dibikin gak ya?
buat nglengkapin trilogi reimagination, dah di hint sejak innocent si, hearts juga udah ngehint lagi, si om galando dari dunia tempest, jadi makan penasaran pas dia pulang ke dunianya pas di ending. bamco plz make tempest r happen!

God of War: Ascension (ps3)
wih.. gim bule pertama di list ini, lol. lu kira saya cuman maen gim wibo wwkwkwk
habis gow3, emang kykny dah gabisa dibikin sekuel lagi lha wong si om gundul dah alm.
jadi ya dibuatlah ascension, yg secara kronologi paling pertama di seri gow. dari segi grafik gak usah tanya.
lu bilang gow3 bagus? gow:a berarti buaggusss. sayang gameplay ga begitu meningkat, dan rasanya gow3 justru lebih seru. final boss juga lebih seru gow3. yg baru di gow:a salh satunya world weapon, senjata hasil nyolong dari musuh, nemu di jalan raya, yg imo kurang sreg. mending senjata yg "bener-bener" dimiliki kyk seri2 sebelumnya aja buat saya. tambahan lain di ascension adalah fitur multiplayer, yang rasa2nya cuman tempelan aja biar ada online pass. jujur, rada kecewa saya maen ini, tp buat fans om gundul gim ini layak dimainkan.

White Album 2 (ps3)
look at dem godly opening aaaaaaauauauuaua

aslinya dah beli dari taun lalu sih, tp gagara telat datengnya, akirnya mau maen juga sampe males. akhirnya masuk tumpukan endless backlog. eh tiba2 kartunnya (kartun means anime in wibunese) di announce. baru inget punya gim ini wkwkw. akhirnya semangat maen deh, dan wow, bener2 imba emang ini wa2. di wa2 sendiri terdiri dari 3 bagian, ic/introductory, cc/closing, dan coda. dan ya, kartun yg barusan tamat itu cuman nagmbil bagian ic aja. wa2 emang bagus. bagus banget. mulai dari ic, pas awal2 scene haruki lari2 ke rooftop, ngliat setsuna nyanyi, dem\, saya serasa ikut terpukau. emang awal2 rasanya rada gimana gitu sama setsuna, jadi third wheel antara haruki sama touma dan nyosor duluan biar selamet. tapi, pas masuk ending ic, baru ngerasa..... kasian benget sama setsuna. maen wa2 sering teraduk2 rasanya, palagi ada scene setsuna nangis di tiap rute cc. dem feels. emang twindrive ga pernah bohong. setsuna best girl ftw. tiap rute cc juga bagus, ga ada heroine yang serasa cuman 'ekstra'. tiap rute serasa seperti "true ending". konflik tiap karakter dipaparkan bagus, chemistry side character bahkan juga gak kalah mantab, terutama hubungan io-takeya lol. Soundtrack juga buagus. todokanai koi, afterall ~tsudzuru omoi~ dll. buagus kabeh.
gak heran banyak yg bilang ini kamige, famitsu juga ngasi skor sempurna buat wa2. moga2 cc ama coda dikartunin juga entar. adaptasi ic mayan bagus soalnya :D

Steins; Gate Phenogram (ps3)
jujur, saya ngarepin gameplay model sg pertama, tp kok ini mah.. rasanya cuman kayak baca komik/nonton kartun. pilih karakter, baca sampe slese, beres. interaksi sangat minimal, paling2 cuman mail in-game yg berubah, gak ngefek ke story apa2. emang si vn, fokusnya ke story. dari segi story, phenogram cukup baik dalam menggambarkan cerita s;g dari sudut pandang beberapa karakter lain, atau bahkan beberapa what-if scenario. mungkin rasa2nya yg absurd cuman scenarionya suzuha. scenarionya dr. jekyl juga cukup realistis dlm menggambarkan depresi okabe akan kehilangan mayuri. dirilis dekat2 dengan muvi s;g, mungkin emang phenogram dirancang untuk rejog memory pemirsa dan 'memperkaya' pengetahuan di dunia s;g. habis nonton s;g muvi belakangan ini, baru sadar akan pentingnya skenario kurisu di phenogram, tentang 'my fork', dan konflik batinnya selama ini. overall, cukup enjoyable, fans s;g bakal suka maen/baca gim ini.
p.s: LEnya dapet hengpong maenan, lol bisa bunyi gukguk pake suara okabe dkk blehh
p.p.s: btw openingnya mantab :D




Jacob Jones and the Bigfoot Mystery, episode 1 (vita)

iseng beli, karna harganya murahh banget. wow. layton clone. bner2 prof.layton clone, cuman dengan tema lebih kiddies. dari sistem gameplay, sampe hint dll, mirip banget dengan layton. sbg penggemar layton si, saya lumayan terhibur dengan game ini. cuman di bagian story kalah jauhh sama layton, emang kiddies si, ga bisa protes. buat fans layton yang kebetulan bervita (dan kebetulan tak ber3ds), bisa mencoba game ini, terutama karena di vita ga ada layton :v moga2 episode 2 nya cepet2 rilis (kalo ga dicancel, lol).

Metal Gear Rising: Revengeance (ps3)

cut cut cut cut
keren banget masbro, raiden badass sekali. sayang gemnya pendek banget. mungkin kalo niatin ngumpulin semua collectible dan vr mission bakal terasa lama, tpi kalo cuman main story, pendek banget. ada dlc sam dan bladewolf juga kalo mau maen, yg sekarang gratis di psn (asem, dulu saya harus bayar pas pertama keluar :v). OSTnya muantaaabbbb banget, bikin tambah semangat pas boss fights. buat yg suka gim action, gim ini cocok banget, buat fans metal gear sendiri, yg notabene suka stealth action, juga jangan buthurt, g ada salahnya nyoba game ini, karena cutting metal gear ray never been as awesome as this :D
jadi keinget, dlc raiden buat mgs v esklusif esbok
dem, demm yuuu kojimaaaaargrgrhrhhr
bongkar gudang lagi deh nyari 360 adek, moga2 masi nyala, lol

Soul Sacrifice (vita)

gim hunting. ga gitu suka genre ini, jd jarang maen gim ginian sampe tamat. tp berkat petuah dari mastah yogi, jd semangat maen sampe tamat. lempar telor ftw. beda ama gim hunting biasanya, ss punya story, dan storynya imo bagus, bikin penaasaran dan semangat maen. bahkan substorynya juga bagus2. tragedi tragedi tragedi. twistnya juga mantab. gelut sampe jadi buku :v taun depan mau rilis versi delta-nya. ga tau bakal maen lagi apa nggak, ato nunggu SS2 sekalian mungin.

The Last of Us (ps3)

wiw gem bule lagi \:D/ gim naughty dog wajib maen blehh
dem grafix. gambare keren banget. gemplay manteb, AInya pinter2, dan musuh2ny bner2 bikin takut (takut mati ingame). story juga manteb.. tinggal nunggu dlc rilis, yang 'katanya' bakal rilis awal tahun ini.
multiplay bosok, saya stuck ga bisa jalan, gatau kalo sekarang dah difix dipatch apa belom, males maen mp sih saya. btw must play buat yg punya ps3.

Atelier Ayesha (ps3)

no wibo voices. damnnn KT. dammn you KT aasdfsgdashfghfgkjsa
diluar wibo voices, gimnya bagus kok, peningkatan dimana2 dari seri arland, cuman ya.. jadinya rasanya terlalu gampang. aslinya dah beli dari tanggal rilis, hampir aja jadi tumpukan endless backlog, cuman gagara beli escha&logy jadi semangat maen ini. meruru sampe sekarang saya belom tamat, tancep ps baru sekali, langsung ga pernah masuk lagi kasetnya lol. eschalogy sekarang masuk endless backlog, dan kayaknya ga bakal dimaenin, taun depan dah rilis versi bule. cukup curhatny dah, overall ayesha bagus kok. karakter2nya keren dan unyu. sistem battlenya juga bagus, cuman jadi bisa diabuse. abguse god words ftw. time management di sini longgar banget. bisa leha2 santai ga kyk jaman2 kerja rorodi (rorona, red.). pas udah slesein smua karakter events, saya masih sisa sekitar 2 tahun, yaudah molor sampe tamat. yang bikin buagus di sini, ending bisa milih. ga kayak seri2 sebelumnya yg bikin mumet buat management flag utk trigger ending ini-itu.

Vividred Operation: Hyper Intimate Power (ps3)
kusoge of the year. 2/10 barely playable. belum maen? JANGAN. pengen maen? JANGAN.
jelek banget, gim gak jelas dan ga mutu. paing gak openingnya bagus sih
kokoro to kokoro~


Neptune PP (vita)
wiw! gim nepu pertama buat vita \:d/
eh trnyata gim joget idol2an... rada kecewa sih, but hey, it's plays like im@s! and it's a nepu game! what can go wrong?
harus saya akui, karakter modelnya bagus, setara victory ps3, dan di gorgeous vita oled screen keliatan tambah ngejreng. gemple simpified im@s edition, lol. cuman pas live kita kerjaannya ngatur efek sama kamera, sama waktu henshin. it's cool, actually. maennya pake clawing ala gim hunting biar greget. dpad buat pindah kamera, analog buat gerakin kamera, skill clawing jaman mgs pw kepake disini wkwk. henshin pake pinch touchpad belakang, asik. ya overall asik si, cuman yang sangat disayangkan masa jumlah lagunya cuman.. 5? wtf ch?! 5 itu juga g ada lagu baru, cuman chara song yg saya dah (rada) bosan ndengerinnya + 1 lagu baru. yg bikin sakit ati juga chara song vert kalo dinyanyiin noire... yg kluar suara vert? wtf? gatau lagi deh kalo bug ini udah dibenerin lol. yg tambah bikin sakit ati lagi, kostum di kover ternyata.... jreng jreng jreng GAK ADA in-game :)) asem /:v\
overall fun si, trutama buat fans im@s sama nepu pasti bakal seneng, cuman buat veteran im@s pasti bakal ngerasa ini gem gampang... bangettt.
p.s: btw ending songnya buagus bet. sayang malah g ada in-game. i want chihaya noire to sing this!
p.p.s: LE dapet komik sama ganjel vita, mungkin kalo ada yg minat kapan2 bisa saya scan&translet komiknya

Date A Live: Rinne Utopia (ps3)
yay for awesome opening
gara2 dikartunin, DAL lagi laku (mungkin?) sampe dibikin gamenya. dasarnya saya suka artnya tsunako sih, dan kebetulan jg suka dal, jadi yaa seneng dibikin gemnya. untuk storynya sendiri settingnya sepertinya sekitar habis S1 slese (kurumi dah muncul, kotori dah awakening). di AR world ciptaan R***e. jujur si, saya ga ngarep banyak dari vn adaptasi kartun/ln yang belum tamat, tapi kok.... sebagian rute bosok banget. rute tohka bosok, intinya cuman ga pengen gendut, wtf broh??? rute kotori isinya cuman adek yang nafsu ama kakaknya. harus saya akui, meski ga gitu suka origami, rute origami paling bagus, akhirnya bisa senyum di akhir rutenya, nikah sampe meteng (hamil ini javanese). tp paling bagus sih badend pas origami ditabrak truk :P
rute true endnya sendiri juga lumayan bagus daripada individual chara route, dan lumayan touching. overall, fans dal mungkin bakal seneng maen ini, tp emang bukan buat konsumsi umum yg belum nonton/baca lnnya.
LEnya dapet ln, mau scan-in si bisa, tp kalo translet... dem wall of text. kapan2 aja dah kalo sempet :v

Nyaruko (vita)
chaos, chaos, I wanna chaos!

emang bener2 chaos, bosok men gemnya
iseng beli soalnya LEnya mayan murah, dapet bonus apaan ga ngerti. sarung buat botol minum ya ini? mbuh wes.
gimnya sendiri bosok, lebih cocok di psp kayaknya, masak beberapa karakter sprite masih pixelated, lol. story juga cuman ngulang s1+chapter extra tentang maen gim nyari harta karun, yang imo g ada bobotnya sama sekali. buat unlock ending tiap rute juga bikin capek, harus ngulang dari awal lagi, kumpul2 flag yg sesuai, dan cerita yang rasa2nya g ada perubahan sama sekali, kecuali beberapa dialog di ending lol. karena di s1, semua development sama karakter rasanya ga guna, jadi percaya deh sama kuuko

"it's imposible even if you're trying to raise my flag"
endingnya kuuko juga di friendzone, mak jleb
overall bosok, ga maen juga ngak papa, kecuali fans anarkis kalo mau maen ya monggo.

Dragon's Crown (ps3/vita)
I play dis gaem to play as elf... and so it seems for everybody...
gim rpg/sidescroll yg mayan asik, apalagi kalo maen multi, bisa terjadi kemelut, tertama pas stage naek kapan ama naek karpet terbang. jujur saya maen pake elf karena faktor pengisi suara (imai asami=noire). tp ternyata emang elf fun to play, panah api ftw. pas awal2 maen si banyak banget yg maen pake elf, jadi gak heran kalo pas satu sesi isinya elf smua :v
selang beberapa hari jajal onlen lagi, amazones jadi ngetren, wkwkw. kasian dwarf kyknya paling jarang deh. nggak tau lagi kalo sekarang dah brubah, dah ga pernah maen lagi lol. kalo ada yg ngejak maen multi yo hayuk deh.

Ducktales HD Remastered (ps3)
Ducktales! Woo-Hoo-OO
lagu temanya catchy banget, masi terngiang2 selalu di kepala saya. dasarnya saya suka gober. suka banget, komiknya koleksi ga pernah bolos. pinggirannya komik bleh, mantab, dijejer jadi gambar. nagih jdnya, tak bisa berhenti /:v\
sejak di announce saya hype banget deh pokoknya, pengen ndang maen. eh kok trnyata di psn asia rilisnya telat seminggu, trpaksa beli di psn bule deh. demi gober!
jujur sebelum diumumin remaster ini, saya belum pernah maen versi nes aslinya, dan pas maen wow rasanya susahh banget. gim jaman dulu emang susah2 ya wkwkw. pas remaster rilis, berangkat dari pengalaman dari versi nes, rasanya jadi gampang. finished in one sitting. overall muantab, asik, palagi buat fans gober. yg suka platformer bagus juga wajib maen gim ini.
p.s: bisa renang di kolam duit. YES, KOLAM DUIT!!! GOTY ALL THE WAYY

XBlaze(Vita)
iseng beli karena pas bulan juli g banyak gim rilis, drpada nganggur. eh kok trnyata diluar dugaan, buagus banget. maen xblaze serasa nonton kartun. muantab bleh pokoknya. xblaze sendiri prequel jauh blazblue, jadi buat yg pernah maen blazblue mesti bakal ngerti reference2 yg muncul, macem blue grimoire, black beast dkk. voice actingnya juga bagus, meski mayoritas tokoh utamanya diisi seiyuu baru. seiyuu2 langganan buat blazblue seperti tomosugi juga muncul, jadi antagonis, yg 'kebetulan' bentuknya mirip banget ama ragna, lol. story lumayan bagus, terutama buat yg dah ngikutin blazblue, bisa tambah paham,. dan bakal oh oh...trnyata gini..
buat yg belum pernah maen blazblue juga saya rasa ga ada salahnya maen/baca ini, tidak mengurangi kenikmatannya, mengingat ini kan justru prequel.

Kamen Rider: Battride War (ps3)
sempet maen, punya adek si. DW versi kamen rider. grafiknya ga bagus2 amat, kyk ps2 deh rasanya. kombo ama hissatsu juga gitu2 doang. gim model dw sih, ga gitu ngarep banyak. nonton di trailer, pake lagu go get 'em, manteb banget emang, eh pas di gimnya bneran, malah openingnya cuman diisi bgm. /:v\

Super Robot Taisen OG Gaiden: Masou Kishin III -Pride of Justice- (vita)
beda dengan seri srw biasanya, yg isinya crossover mecha2 dari berbagai kartun robot, seri og isinya karakter2 original buatan banpresto yg berasal dari srw yg sebelum2nya. Masou kishin sendiri termasuk subsaga yg ada di seri og, fokus cerita pada masaki dkk. Seri Masou kishin, berbeda dengan srw tradisional, pake full-sized sprites buat battle animationnya. mungkin kedengarannya lebih keren daripada srw biasanya yg pake model SD(cebol), tp nyatanya malah justru animasi di seri MK terasa clunky. jauh lebih dinamis srw biasa. cebol ftw. saya sendiri aslinya ngarep lebih karena ini MK baru buat vita/ps3, mungkin aja grafiknya ningkat, eh kok trnyata grafiknya kurang lebih masih sama kyk psp. kalo buat bgmnya sih, masih mantab, license to kil ftw. buat gameplay, true to its name, Masou Kishin III ttep maso, secara umum emang seri MK lebih susah drpada srw biasanya. kroco bisa dengan mudah bunuh unit kita, karna prioritas AI bunuh unit HP yang paling rendah. sudah wajar kalo tiap stage ada 1-2 unit kita yg modar. fitur possession dari MK2 muncul lagi disini, dan sekarang bukan cuma cybuster/masaki yang bisa. max 3 unit bisa possession sekarang untuk tiap rute. neo granzon playable. f*ck yes. sayangnya, meski di vita, entah kenapa fitur ngambil screenshot di-disable sama banpresto. demm

JoJo Bizzare Adventure: AllStar Battle (ps3)
gim gelut. aslinya saya sndiri bukan fans gim gelut sih. bikin capek tangan. iseng beli biar manly :v lagian beli patungan sama agee, jadi murah :))
berisi karakter dari JoJo part 1-7, buat gemplenya sndiri lumayan asik, cuman kok story modenya... mengecewakan, story cuman isinya tulisan2 tok, terus gelut, tulisan2 lagi, kelar. whut. kirain tipikal gim CC2 bakalan banyak cutscenenya ala seri gim Naruto Storm dkk. campaign modenya juga maen pake semacem koin. wtf, kayak gem f2p aja. overall grafiknya bagus, fun juga buat yang hobi oraoraoraoraoraoraora. bahkan bisa duel oraoraoraoraora.



Yahari Game demo Ore no Seishuun Love Comedy wa Machigatteiru (vita)
Normal, huh.... I'm not normal, so that means, I'm extraordinary... Special..... Am I a god? -by Hikky
diantara kartun yg tayang summer kemaren, oregairu termasuk salah satu favorit saya. pas berita gimnya bakal dibikin, saya seneng banget... tapi juga rada skeptis sih, mengingat gim adaptasi kartun yg sebelumnya (nyaruko) bosok. LE bonus BD OVA, begitu ami2 buka PO, langsug insta-PO'ed. agee juga PO di ami2, eh trnyata di cdjapan bonus handuk. rada nyesel deh po di ami2 wkwkw. salut buat agee yg beli dobel sama yg di cdj, emang certified weaboo beda levelnya:sembah:. tp saya gak gitu anarkis si, jadi ya iklas menerima apa adanya yg dari ami2.
Buat gamenya sendiri, awal maen rada pesimis, karena pake skenario yg sama kyk yg udah dikartunin, "jangan-jangan kayak nyaruko ini..." eh, trnyata habis scenario yg di camp, critanya beda, baru, ya saya seneng deh akirnya maen. Ngurusin anjingnya yui, ngliat yukinon nya lucu :3 well, i play mainly for yukinon sih, dan rute yukinon mayan unyu. gendong yukinon ftw
sayang kok CG buat yukinon sendiri dikit banget, bahkan gak sampe ending nikah. padahal pas awal game di-tease nikah ama hiratsuka-sensei di "bad ending", jadi ngarep hal yg serupa di scenario yukinon. 
CG paling banyak disini justru totsuka. wtf? ini mages maho semua apa? rute cowok malah kyk fokusnya disini wkwkw
"Hey big bro..., Why Totsuka-san is a guy?"
YES, WHYYY
Overall bagus, jauh lebih bagus dari nyaruko. buat fans oregairu sih wajib maen gim ini :v

Sen no Kiseki (ps3/vita)
gim ini bagus, baguus banget. lama ga maen gim seasik ini.
dah hype sejak diumumin, ga sabar pengen maen, eh kok trnyata gak rilis di psn asia. raeg, setres dan depresi, akhirnya saya beli LE pake fedex. sehari sampe, jumat langsung isa maen, thank you mas-mas fedexxxx :D (and I'm sorry my wallet).
Timeline storynya simultan di antara Zero dan Ao, dan buat fans seri LoH pasti dah gak kaget pas muncul wajah2 familiar macem lector dkk yg muncul di SnK, karena emang fokus lokasinya disini Erebonian Empire. Settingnya fokus di akademi militer Thors. gemplenya sendiri masih mirip dengan seri LoH sebelumnya, cuman dengan tambahan link system, dimana karakter bisa followup attack kalau kriteria trtentu terpenuhi. team attack yg biasa sperti di zero dan ao disini hilang, dan diintegrasikan ke link system ini. 
Seri LoH daridulu dikenal sbg "Story RPG" dan Snk doesn't dissappoint. demm shitload of text. gatau kalo gem ini bakal diloalisir bakal rilis kapan, 2020 mungkin paling cepet. Stroytellingnya mantab, tiap karakter terasa "fleshed-out" g ada karakter yg kliatannya cuman "extra". bond event juga membuat kita bisa lebih mengenal karakter yg bersangkutan. interaksi antar karakter disajikan dengan apik, tiap masalah dan konflik batin murid kelas VII juga diberi closure yg bagus. karakter2 terasa 'hidup' thx to seiyuu2 papan atas. masalah voice sendiri, disini untuk main story cukup banyak, paling gak kalo dibandingin seri LoH sebelum2nya (kecuali evol) jauhhhh lebih banyak. hampir main story semua voiced, tapi anehnya di sebagian besar cutscene si Rean (MC) malah membisu, teks doang. mungkin bayaran seiyuunya paling mahal kali ya wkwkwwk
grafiknya sendiri gak begitu bagus, mengingat ini pertama kalinya falcom bikin gim 3d, tp tetep cukup enak dilihat kok. bgm masi mantab seperti biasa. as expected of falcom.
buat versi vita, loading timenya screennya bosok banget, akhirnya saya beli lagi versi ps3nya. untung ada cross-save, jadi everything's all right. baru2 ini udah ada patchnya, yang katanya mengurangi load screen (belum nyoba sih).
yg bikin sakit ati endingnya sih, spoiler: to be continued
jadi ga sabar Snk2 kapan rilis auausausuausausuauuaafhkjfdlansjlha

Gundam Breaker (ps3/vita)
gim gundam, berati saya wajib maen. g ada story sih, tp gundam breaker emang dibikin buat pure-fun dan rame2an. bisa bikin kitbash seenak udel, muantab, satisfying rasanya, kurang lebih kyk danball senki versi gundam ini, tp tanpa elemen rpg. stage2 akhir emang maso sih, jd saya sempet brhenti maen, sampe versi vita rilis sekitar oktober, beli lagi versi vita, untung bisa transfer save. udah niat2 sampe beli luck booster, eh kok akhirnya sampe sekarang belum lanjut dimaenin lagi. sibuk. nunggu ada yg ngajak maen multi lagi dah. overall bagus, fun banget. yg suka gundam wajib maen, yg suka maen gim multi buat rame2an juga layak maen ini.

Neptune Re;birth 1 (vita)
neptune pertama diremake, wooot. seri pertama gim favorit yang jujur, bosok, mau diremake. hype ga karuan. untungnya rilis di psn, jadi saya bisa beli versi digitalnya dulu sambil nunggu LEnya dateng. akhir2 ini ems ngaret mulu si. yay for psn asia. jujur, daripada mbayar ongkos fedex, lebih murah beli dobel versi digital di ps store wkwk.
gamenya sendiri diremake ulang, story dasar tetep pake nepu1, tp dirombak dimana2. contohnya aja, goddess dari continent laen join party dari awal2 (yay!) dat legendary scene masih ada juga disini
storynya jadi berjalan dengan bagus, kalo dulu nep1 storynya feels like joke, neprebirth storynya feels like a joke.. but with some amazing moments. ada beberapa scene tambahan yg membuat story lebih dramatis (ceile). perbedaan yang menonjol disini adalah, g ada nipponichi-chan sama gust-chan. denger2 ch lagi ada masalah ama nis ya katanya? g tau juga de, yang jelas N1-chan ilang. gantinya tapi buanyyyakkkk character Maker laen, macem tekken-chan, mages, dll. gemplenya pake dasar nep victory, sayang jumlah karakter dikurangi dari 4 jadi 3 dalam battle. interaksi antar karakter spt biasa koplak, tambahan mages-chan ke story juga tambah memperkoplak. mages sendiri disini tingkah lakunya kayak okabe, yg lucunya slalu nganggep noire sbg 'asisten'nya (karena seiyuu noire sama kyk kurisu, 'asisten' okabe, lol). bgm sudah tidak bosok seperti nep1 dulu, lol. di neprebirth juga muncul sisters dari mk2 (woot), dan disini juga dijelasin kalo
sisters lahir karena share energy (wtf). ya paling gak ada penjelasan si wkwkw
yg bikin seneng lagi, ya kostum2 yg bisa didapatin in-game disini banyak, jadi semangat. kostum2 yg dulunya di mk2/victory jadi dlc, disini jadi gratis dan obtainable in-game.
kostum tio buat falcom-chan \:3/
overall gim ini bagus buat saya, buat yg dah maen nep1 dan merasa itu gim bosok, jangan takut buat nyoba rebirth1, karena rebirth jauuhhhh lebih buaguss. anggap aja nep1 tak pernah ada.
buat fans nepu / moefaqs, gim wajib ini bleh.
btw 2014 bakal rilis rebirth2 ama gimnya noire, soo... RIDE THE HYPE TRAIN!!!

Disgaea D2 (ps3)

sekuel langsung disgaea yg pertama. buat yang kangen ama laharl dkk. buat storynya sih standar, ga gitu spektakuler imo, ya emang fokus disgaea ga pernagh di story, tp di gameplaynya. disgaea d2 feels so streamlined. rasanya jauh lebih gampang dari seri2 sebelumnya. ada cheat shop pulak, buat ganti diff musuh ga perlu ijin senator2 dulu. buat yg belom pernah maen disgaea sebelumnya mungkin bakal merasa terintimidasi kalo maen d1-4, tp kalo dd2 jangan takut untuk mencoba, karena emang sudah streamlined. gameplay masi tetep fun, dengan damage yg gilo2an. ada beberapa class tambahan seperti trap male healer dll.sayangnya yg dihilangkan disini fitur magichange dari d3&4, diganti dengan mount. rada kecewa sih, desco jadi ga terasa seimba yang dulu. fitur rasetsu mode juga asik, bisa nyerap stats. fitur online di d4 juga dihilangkan sepenuhnya, dan jujur, saya sendiri ga begitu make fitur online di d4, jadi it's no big deal. overall, dd2 gim yg asik, buat fans disgaea wajib maen, trutama yg suka laharl, buat nob seri disgaea juga g ada salahnya maen, gausah takut, ga susah kok :P

Beyond Two Souls (ps3)
kecewa. sangat kecewa. kirain bakal sebagus heavy rain, ternyataa.....

jujur, grafisnya bagus. bagus banget. jelas lebih bagus dari heavy rain, cuman sayangnya storynya ga sebagus HR. secara keseluruhan si, storynya juga ga gitu jelek, cuman garagara timeline yg jumping back n forth mungkin jadi rada pusing. ya, paham si saya, mungkin niatnya biar bikin tambah penasaran, tapi justru bagian2 yg mboseni ditaruh di awal, jadi males. decision making sendiri disini rasanya kurang membawa impact sampe ending. ga kaya HR yang endingnya macem2, di B2S yang ngaruh di ending cuman siapa yang hidup, siapa yang mati. ending hidup sama si a,b,c,d gitu tok. jadi rada males buat ngulang lagi maen buat ending yg laen, karena flow storynya ga bakal beda jauh. gameplaynya sendiri unik, bisa maen pake jodie sama "teman imajiner"nya si aiden. bisa maen co-op 2 orang juga, pake DS3 ato pake hengpong. buat pembawaan karakter juga dah bagus, akting ellen paige sbg si jodie dah mantab, cuman ntah kenapa nathan yg disini katanya berlaku sebagai "father figure" malah akhirnya keliatan seperti maniac bastard. cole justru yg kayak father figure imo, selalu ngasih support ke jodie, bahkan sampai akhir. overall lumayan sih, cuman B2S serasa kayak film yg pengennya ya nonton cuman sekali aja, beda kyk HR yg pengen maen berkali2 buat ngliat alur crita yang beda-beda.

Kingdom Hearts HD 1.5 Remix (ps3)
boxartnya keren. kereeen banget.
untung versi bule nggak ganti boxartnya, sama kyk jp, ttep kewl.
buat hd remix ini berisi 3 bagian, final mix, re:com, ama cutscene 358/2 days. Dari semua hd remaster yg pernah saya mainin, imo kh hd remix ini remaster yg paling 'niat', nggak cuma bump resolusi tok. sistem battle di final mix dimodif jadi mirip kh2, dimana kita bisa pencet segitiga buat eksekusi berbagai macam skill khusus, nggak usah repot2 scroll menu kebawah. buat talk sama examine juga pake segitiga, enak jadinya. seperti hd remaster biasanya, resolusi di-bump, dan disini beberapa karakter model malah bener2 pake model baru, jadi detailnya lebih bagus. untuk beberapa npc sendiri masih pake model lawas, jd kalo dibandingin sama yg pake model baru, rasanya 'njomplang'. rasanya dah lama banget sejak pertama kali maen kh di ps2. uda 10 tahun kali ya? dulu pas maen di ps2 kok ingetnya tiap-tiap worldnya gwede dan luas banget. my memories betrays me, lol. sekarang maen, rasanya tiap world cilek-cilek. cepet selese, mungkin karena dah tau harus kemana dan harus ngapain. terutama kapalnya hook jadi terasa kecil banget, dulu muter2 sampe mumet padahal. buat re:comnya sendiri belum bisa komentar, belom sempat maenin. 358/2 daysnya juga kirain full cutscene, ternyata ada beberapa bagian cuman tulisan doang. overall, kh hd 1,5 remix worth banget buat harga segitu. buat yg lom pernah maen saya sarankan maen ini banget, taun depan juga bakal rilis 2,5 hd remix. buat yg pernah maen juga g ada salahnya maen hd remix ini lg, buat nostalgia sambil nunggu kh3 rilis..... entah kapan :D

GTA V(ps3)

kayaknya gausah banyak komentar kyknya, sebagian besar dah maen gta5 dan dah ngerti gimana asiknya. jujur, saya ngak maen 'sepenuhnya' si, cuman maenin/nglanjutin saveannya adek. maen new game, whow langsung terpukau. baru prolog dah manteb bener.
btw, lom maen gtav di pc? gamer abal2 lu


Fairy Fencer F (ps3)
game pertama dari seri galapagos rpg (katanya). chara design by tsunako, yay!
gameplay juga mirip banget sama battle system game2 nepu, bahkan sampe bisa henshin segala. bedanya disini henshin pake tension, bukan pake sp. tema henshinnya keren, keren banget. ga bosen2. coba aja dengerin.
pas battle, tension penuh, henshin. full contact kicks in. feels so awesomeee.
buat soundtracknya, sebagian besar bagus dan catchy, enak didengar, nobuo uematsu dan bandnya earthbound papas ngikut nyumbang soundtrack disini sih. yoshitaka amano, veteran seri ff, juga ngikut bikin artwork disini, lebih spesifiknya buat desain goddess dan devil god nya. kirain bakal desain karakter playable padahal. kyknya emang ga bakal cocok si ama karakter bikinan tsunako kalo bneran, lol. buat storynya sendiri, beda ama nepu yg emang niatnya bikin cerita parodi, fff mencoba menyajikan story 'serius'. serius untuk ukuran ch sih. Fang sbg MC, tetep aja sifatnya nggobloki, tapi punya hati yg baik (yaiyalah mc). njabut fury, Alyn kesummon, eh malah minta makan wkwkw. character development buat fang, tiara dan alyn sendiri sudah bagus, sayang karakter lain terasa seperti cuman 'extra'. kebanyakan cuman penggembira yg join party. meski begitu storynya tetep fun biuat diikuti. sistem fury yang bisa nancep2 fury di worldmap buat unlock modifier tertentu juga asik (contohnya dmg x2, exp +50% dll). overall bagus, dah bisa dianggep sebagai proper game dibanding game2 ch yang laen. Mungkin yang bikin jengkel cuman sidequest nyari stone, steal ratenya gilo rendah banget. jangan heran kalo habis berjam2 buat berburu stone untuk naek ke rank A. gameplay sendiri lumayan singkat untuk ukuran rpg, 20-30 buat normal playthrough. speedrun saya pribadi bisa selese dalam waktu 1 jam 20 menit an. serius. ng+ skip semua scene, skip smua random encount, bisa slese dalam waktu segitu, mungkin malah bisa lebih cepet lagi kyknya. boss2 disini kalo dah ngerti abuse sistem fury gampang2 sih, 1 turn bisa keok smua wkwkw.  kalo pengen musuh yang lebih menantang bisa coba gelut di skesh tower si, apalagi dlcnya, maso2 bner.

Ratchet & Clank: Into the Nexus (ps3)
penantian 4 tahun.. kembali ke formula awal
dibilang nunggu 4 tahun buat game r&c baru juga ga bener sih aslinya, wong hampir tiap tahun sejak A Crack in Time rilis gim R&C baru. Ratchet & Clank: A Crack in Time, rilis tahun 2009, sampe sekarang menurut saya masih salah satu gim esklusif ps3 yang paling bagus. pilihan senjata yang beragam dan aneh2, story yang mantab, boss battles yang epic, semua ada di ACiT. planet yang ada juga banyak, tiap pindah planet mabur pake pesawat, tembak2an lawan space pirates... asik banget. goty 2009 buat saya. Tapi emang 2 game setelah ACiT, meski ga jelek juga sih, feels so wrong. ga kerasa kyk gim R&C pokoknya. all 4 one (2011) lebih fokus ke multiplayer co-op 4 orang, kamera jadi eagle view, emang lumayan fun sih buat rame2 maen co-op sama keluarga, tp rasanya gak kayak maen r&c, kayak maen lego jadinya. FFA/Qforce (2012) malah lebih bosok, fokus ke tower defense. srsly, tower defense? wtf. cuman stage terakhir yang bisa dibilang gameplanya mirip dengan r&c tradisional karena stage terakhir ga tower defense. Pas Nexus diumumin, yang katanya 'back to the root' kembali ke gameplay tradisional, wow saya senang sekali. tapi pas diumumin lagi ternyata nexus dibanderol 30$, saya jadi skeptis, trnyata benar, nexus bakalan lebih pendek daripada r&c biasanya. but hey, it's a 3rd person r&c game again, jadi ya saya tetep hype nunggu gim ini rilis.
grafis nexus imo bagus dan enak dipandang mata. qualitas cutscene juga bgus, gak kalah ama filem pixar.
gameplaynya sendiri sesuai iklan, balik ke r&c tradisional, dengan kontrol standar subseri future. balik kamera 3rd person. dah lama ga maen kyk gini, feels nostalgic. senjata masih aneh2 dan unik2. bisa levelup dan upgrade pake raritanium. RYNO juga balik. pas awal2 dapet, RYNO rasanya bosok banget, pas udah levelup jadi omega, dan upgrade maxxxed, wow jadi imba banget. story sendiri fokus ke neftin prog bersaudara. rada kurang sreg sih, soalnya background mereka cuman dijelasin sedikit dan dicuplikan movie opening awal. komedi khas r&c juga masih ada disini, yg seperti biasa, koplak.
sayang captain qwark gak begitu punya peran di nexus, padahal biasanya sumber semua kegoblokan ya si qwark wkwk. setting story jelas setelah FFA/Qforce, zurgogon si besmen dweller dah dipenjara....

di rumah bersama ibunya! wkwk lol
browsing2 di museumnya juga lumayan asik, karena didisplay ada semua musuh dari seri r&c, bahkan ada azimuth juga. jadi inget epic boss battle lawan azimuth di akhir ACiT...
seperti biasa ada fitur arena battle juga di nexus. bronze, silver, gold dan platinum championship yang esklusif buat challenge playthrough.

jumlah planet di nexus cuman ada 5, dan 1 planet itu buat arena, jadi secara teknis cuman ada 4 planet yang bisa di-explore. dikit banget emang rasanya.
playtimenya kalo dibanding ACiT emang jauh lebih pendek, speedrun challenge mode hard saya pribadi selesai sekitar 1 jam, thx to maxxxed RYNO. overall, meski pendek, gim ini tetep fun dan awesome. buat fans r&c sih wajib maen, yg suka 3rd person shooter dengan senjata gila2an juga bisa mencoba game ini. moga2 aja bakal dibikin sekuelnya lagi di ps4, dengan jumlah planet yang banyak seperti biasa.

Lightning Returns: Final Fantasy XIII (ps3)
penutup saga ff13, eh kok malah.....
jadi gim barbie. wtf SE?
jujur, meski FF13 linear banget, saya lumayan suka. paling gak lebih suka daripada ff12 *runs*
ff13 tamat juga udah cukup closurenya. kecuali buat yg ngeship hopurai *runs lagi*
trus kok ff13-2 rilis, jadi pokemon fantasy, tamat2annya juga to be continued. bosok banget.
banyak yang buthurt. dah tamat, dikasi sekuel, trus malah tambah ancur. toriyama'd
trus LR diumumin. katanya toriyama sih, penutup ff13 saga. dan Alhamdulillah, ternyata bener, bener2 tamat. hore. ga to be continued lagi.
13 critanya lightning mau nolong serah.13-2 critanya serah mau nyari&nolongin lightning. 13-3/LR balik lagi critanya lightning mau nolong serah. berkat kekuatan dragonbol, dewa naga shenlong merubah hope jadi botjah lagi. hope muncul lagi, jadi semacam asisten buat lightning dalam profesinya magang menjadi savior. snow jadi edgy, looks cool tbh. noel jd orang gila, setres, yang mau bunuh lightning berkat petuah kerang ajaib. jelas gila, udah ratusan tahun hidup, bajunya ga pernah ganti, jelas bau. makanya jadi orang gila. 
jujur, ga bisa serius de saya kalo ngomongin LR. story feels like a joke. lightning ga punya ekspresi, kayak robot. dan anehnya buat cewek seserius lightning, toriyama malah ngasi sistem barbie henshin costumes. ga cocok sama karakternya. jd ancur, kayak ancurnya yuna di ffx-2. bosok. f*k you toriyama.
buat battle sistemnya sih, jujur aja, lumayan asik. meski lightning cuman gelut sendirian, tapi serasa bertiga, karena 3 set kostum yg diequip punya atb gauge masing2. fang dan chochobo juga join the party untuk beberapa bagian game. daridulu pada buthurt karena ff13 g ada TOWNS, sekarang di LR dikasi deh tuh TOWNS. malah gimnya serasa isinya TOWNS doang. seluruh map di luxerion dan yusnaan berada di kota. rada aneh juga jadinya. sistem waktu di LR imo bosok, tujuannya cuman padding playtime biar terasa panjang. ada bagian kota yang buka cuman malem, pagi, dll. kalo pas quest sangat mengganggu, ya akhirnya terpaksa leha2 nunggu malem ato pagi. timelimit 13 hari, kayaknya serasa dikejar maling buat ngelarin main quest dan side quest. tapi kalo bisa manajemen waktu dengan baik + pake chronostasis dengan bijak, sekitar hari ke 6 juga sudah bisa selesein smua main quest di diff normal. fitur baru yang asik salah satunya last one, munahin spesies musuh. sidequest juga bejibun kalo gak males. closure storynya juga lumayan sih, dan twistnya ternyata dunia yg dibikin pada akhir game ya.. bumi ini. banyak interaksi antara hopurai, yg shipping hopurai bakal seneng kayaknya lol. overall, buat yg udah maen 13-2 kyknya biar lega kudu maen ini deh, kalo yg blom pernah maen 13-2 ya udah jangan dimaenin, dan jangan pengen maen 13-2 juga daripada buthurt. masi banyak gim laen yg bagus :v

Super Robot Taisen OG: Infinite Battle (ps3)

pertama diannounce di TGS, kirain gameplaynya bakal kayak Gundam Extreme Versus (GEV). eh ternyata... jauh lebih bosok. kalo kata adek si maennya kayak real robot final attack yg di ps1. mungkin dasarnya emang sama. kalo dibandingin ama GEV emang jauh, tapi diluar itu, IFB lumayan fun. battle sistemnya sendiri bisa gelut up to 3v3. ga ada story, cuman ada arcade dan mission mode. robot2 yang muncul berasal dari ogs sama 2nd og. rada kecewa ialdaboth dari gaiden ga muncul. buat grafisnya sendiri ga begitu bagus, terutama tekstur map dan buildingnya... bener2 bosok. kyk ga niat banget. tapi untuk animasi serangan, terutama hissatsu sudah lumayan.

Super Robot Taisen OG: Dark Prison (ps3)

semacam side story, dengam MC Shuu. bisa dibilang ini adaptasi SRW EX ke OG saga. setting storynya setelah OG Gaiden, Shuu dihidupin kembali habis kalah lawan masaki. engine masih pake sama dengan engine 2nd OG, jadi ya gemple dan grafis masi persis. Story disini berisi dari shuu bangun sampe join the party di 2nd OG, jadi bakal beberapa scene yang sama dengan yg udah ada di 2nd OG. Di antara MC alpha 3, emang kayaknya cuman selena yang belum muncul di seri OG (cobray pernah sih, meski cuman cameo), dan akhirnya selena debut di seri OG di dark prison. Gaen juga yang udah berkali2 muncul di masou kishin, baru muncul di OG sekarang. selain itu juga ada karakter baru, Yon (voiced by hayamin \:v/), & robotnya Pfeil III. overall asik, buat yang suka srw, game ini cukup worth buat dimainkan. apalagi ng+ ada konami code buat unlock godly neo granzon dari awal, ex-hard mode jadi terasa mudah :D

Exstetra (vita)
kiss will change me.... yeah, right
openingnya emang manteb, lagunya catchy, thx to claris.
karakter design by Tony Taka (shining hearts, blade, dll) buat karakter cewek, sama enami katsumi (LoH series, so4, dll) buat karakter cowok. jujur tony emang kalo bikin karakter cowok rasanya bland gitu, jadi ya bagus deh kolab sama enami katsumi.
story bercerita tentang Ryoma yang terlempar ke dunia lain, Amesia, dan kebetulan amnesia. tipikal MC amnesia. lul. sbg Prisma, ryoma harus mengumpulkan knight untuk membantunya menyelamatkan Amesia dan dunianya sendiri. Prisma knights kalo dikiss Ryoma bakal dapet kekuatan super dan bisa henshin. dan emang bener, fokus gim ini, ambung2an, pas battle kalo knight dikiss bisa unleash EX skills. yup, termasuk knight cowo juga. maho bener. tapi bisa disetting skip kissing scene kok di option. story development sendiri, rasanya kurang, karakter cuman join2 aja habis diselamatin dan dicium. hampir g ada karakter development sama sekali kalo cuman di main story. tapi kita bisa mengetahui backstory tiap karakter lebih dalam kalau affection-nya tinggi, dan trigger event di waktu yang tepat. character development tergambarkan dengan baik di subevent2 ini.
yang bikin asik game ini, battle sistemnya, dan kustomisasi untuk equipmentnya. ada berbagai macam skill pasif yang bisa dipelajari tiap karakter, yang bisa di enchant ke equipment yang mereka pakai. dengan persiapan yang matang, battle terasa sangat satisfying. counter, continous attack, revenge, snipe, dll. kalo sudah paham battle sistemnya, exstetra bakal terasa fun banget. Akari OP banget imo. stat magnya imbo. kombinasiin dengan continous magic and trololo. 6 kali hit magic. feels so good.
Memang, kalo dibanding game dungeon rpg furyu sebelumnya, Unchained Blades, Exstetra rasanya jauh lebih gampang. tapi imo difficulty di exstetra, just feels right. boss battlenya challenging, bahkan random encounter aja bisa dengan mudah menghabisi partymu.

Tears to Tiara II: Haoh no Matsuei (ps3)
prasaan udah diumumin sejak 2011 deh, apa 2010 ya? sampe lupa
tiba2 muncul lagi beritanya, dan bakal rilis bulan oktober. wohooo langsung hype lagi.
gagra ems telat, hampir masuk eternal backlog, lol. pas patch buat ngefix bug freeze keluar, jadi semangat maen lagi.
Storynya lumayan bagus, dan bikin penasaran buat diikuti. Kyknya emang gim SRPG ini lebih fokus ke storynya, prasaan maen 70% nonton scene deh. kcuali pas omake scenario. jangan heran kalau satu event bisa selese berjam-jam, bahkan seinget saya event habis ngalahin Isabelle sampe 5 jam. sampe ada save point di tengah scene. lol. Salut buat aquaplus, niat bener ngasi gim rpg dialog sebanyak VN, dan semuanya full voiced, yang bikin stoery jadi terasa lebih immersive. Heronya Hamil (ini bener2 namanya :v) diisi oleh Yoshitshugu Matsuoka (kirito sawo), heroine Tart diisi Rie Kugimiya (shana, dll). Selain mereka berdua, masih ada karakter2 laen yg diisi oleh seiyuu2 terkenal, kyk Rina Sato juga ada.
Grafisnya sendiri kalo dibanding TtT perama dan gaiden malah kyknya penurunan, dulu dah fullsize, sekarang malah cebol mode (SD). tp imo saya lebih suka kyk gini sih, lebih unyu :v wajah karakter jd lebih kelihatan ketimbang pake model fullsize kyk TtT1&gaiden. Sayang buat efek shadownya masi bosok, kliatan ngotak-ngotak banget.
Battle sisitemnya juga asik, sama kyk TtT sebelumnya masih pake sistem chain stock. sistem rewind juga ada, jadi bisa ngulang sampai 20 turn sebelumnya. Hamil dan Tart juga bisa henshin :v
 buat difficultynya sendiri mayan raegworthy, difficulty spikenya kadang terasa gilo. buat pilihan difficultynya ada easy, normal, hard, kalo yg kesulitan maen mungkin bisa coba ganti easy. saya pribadi maen hard 8) real men play it hard :v  mungkin gagra itu ya saya jadi bilang TtT2 mayan raegworthy.
kalo easy masi terlalu susah, patch 1.02 kemaren nambahin diff very easy, cocok buat balita dan bayi.
habis namatin main story, kalo load clear save kita bisa maenin omake scenario, yang emang rada maso. diff locked ke hard, gabisa rewind. tp asik karena challenging. beda dengan main story yang sebagian besar isinya story scene, omake dungeon 99% battle. dialognya pun yang cuman sedikit, gak voiced.
overall, gim yang mantab, meski tidak sempurna sangat asik dimainkan. buat yang dah maen TtT seblumnya pasti bakal mengenali beberapa wajah yg muncul sbg kameo disini macem epona, arawn juga muncul sih, dan ikut berperan dalam backstory di flashback.

Udah ah capek, besok2 dilanjut part2 kalo ga males.
saya emang orang males si.

0 comments:

Post a Comment