Thursday, January 2, 2014

2:26 AM
Before starting, My taste >>>>>>>>>>>>>>> your taste

namanya opini probadi, jelas ga subyektif. yg menurut saya bagus belum tentu bagus bagi orang lain.
each to his own.
suka suka saya de




Best Action game
Metal Gear Rising: Revengeance (ps3)

buat action game sebenernya bingung milih antara MGR ato Tomb Raider. dem tressFX hair, tomb raider looks amazing on PC. tapi, g ada yg bisa ngalahin rasa puas motong2 di MGR sih. asik bleh, isa mbanting metal gear ray, lol.









Best Thriller
Last of Us (ps3)

dibanding seri RE yang baru2, terutama RE6, LoU jauh lebih terasa seperti game survival. peluru yang sangat terbatas, monster2 yang bikin merinding. atmosfernya bagus bener LoU. salut deh buat naughty dog, terbukti nggak cuma bisa bikin game uncharted doang sekarang.







Best RPG
Sen no Kiseki (ps3/vita)

sebenernya buat RPG ada 2 game yg saya rasa bisa memenuhi kriteria ini, Ni no Kuni sama Sen no Kiseki. tapi, karena Ni no Kuni secara teknis rilis th 2011, dan overall saya lebih banyak menghabiskan waktu di Sen no Kiseki, ya akhirnya saya pilih Sen no Kiseki deh.







Best Action-RPG 
Kingdom Hearts HD 1,5 Remix (ps3)

meski cuman HD remaster, terbukti KH masih layak dimainkan sampai sekarang. modifikasi di segi gameplay yg dibikin mirip KH 2 juga semakin membuat KH HD asik dimainkan.









Best Tactical RPG
Disgaea D2 (ps3)

untuk tahun 2013 sendiri, ada 2 game yg terbesit dibenak saya kalo bicara soal trpg. disgaea d2 dan ttt2. untuk keseluruhan package mungkin ttt2 lebih unggul dengan story yang volumenya gak main-main. tpi, untuk gameplay sendiri, emang ga ada yang bisa ngalahin seri disgaea. mindless fun.







Best Platformer
Ducktales Remastered (ps3)

>Gober
>bisa renang di kolam duit
jelas goty. ga perlu penjelasan laen.










Best Shooter
Ratchet & Clank: Into the Nexus (ps3)

oke, saya gatau juga sih, r&c enaknya dimasukin genre apaan. platforming, shooter, ato adventure. tp emang saya jarang maen gim shooter sih, dan diantara gim shooter yg saya mainkan emang seri r&c yang paling berkesan. meski playtime cukup pendek, senjata yg unik2 emang keunggulan seri r&c, bikin tembak2an di nexus jadi fun banget. kalo boleh dimasukin ke genre shooter ya jelas, r&c the best lah buat saya.





Best Beat em up 
Shin Gundam Musou (ps3)

buat kategori ini sebenernya anatara SGM ato SK:SV. sama2 gemplay DW. tapi, oberall SGM lebih cocok buat jadi the best karena lebih 'aman' dan cocok untuk semua umur, plus it's a gundam game.








Best Racing 
NFS Rivals (pc)

looks gorgeous on pc. GT6 emang lebih terasa 'realistis', tapi imo buat saya sendiri nfs rivals lebih terasa fun. mantab tubruk2an bleh. kalo di gt6 mau nubruk sayang2 mobil wkwkw.









Best Open world game
GTA V (ps3)

no comment deh.
pokoknya jangan sampe jadi gamer abal2.


















Best Fighter
JoJo Bizzare Adventure: All Star Battle (ps3)

dibanding seri naruto mungkin story modenya JJBA: ASB kalauh jauh. tapi, buat gampelaynya sendiri, ASB lebih terasa 'proper' fightning game daripada seri naruto storm yg notabene isinya QTE mulu. jujur, i had more fun with NUNS3: FB, tapi kalo bilang itu termasuk gim fighting, ntar dimarahin ajee.









Best Pokemon game
Pokemon X/Y (3ds)

ga adil kalo pokemon dimasukin ke genre rpg. jelas menang ntar pokemon. biar adil dibikin genre sendiri. yes, pokemon is THAT awesome. pokemon xy tambah makin mantab dengan dunia full 3d.









Best Party game
Lego Marvel Heroes (pc)

seperti biasa, gim lego emang fun. apalagi buat maen rame2 bareng keluarga. malah gelut sendiri biasanya wkwkw. tahun lalu sudah versi DC, sekarang versi Marvel yang dibikin. karakter yang beragam bikin nggak bosen buat maen rame2.


Best Multiplayer game
Gundam Breaker (ps3/vita)

fokus di Gundam Breaker emang multiplayer modenya sih. stage2 belakang maso banget kalo maen solo. multiplayernya rame, dan sangat membantu buat nyelesain stage2 yg maso karena bisa ngidupin temen yg mati sebelum countdown meleduk selse. multiplayer disini juga jadi ajang pamer gunpla kitbash sih. kadang malu juga kalo maen bareng pemain2 yg udah imbo2 masih pake kit yg berparts GM. lol.





Best Rythm game
Hatsune Miku: Project Mirai 2 (3ds)

dari segi grafis sama koreo joget, dan efek2 di videoklip pas nyanyi, kalah jauh dengan seri project diva. tapi imo, gameplay di seri project mirai malah lebih dari project diva. ada button mode dan touch mode. jumlah lagu juga sampe 40 lebih (gagara lagu2 pm1 inklud juga sih..). maka dari itu untuk kategori ini saya lebih memilih project mirai 2.






Best Card Game
Monster Monpiece (vita)

jujur, emang gim kertu2an yg saya maenin di th 2013 cuman ini doang sih, jadi ya... gitu deh











Best Hunting game
God Eater 2(vita)

looks gorgeous on vita. meski sekarang cuman bisa multiplay via adhoc, tetep seru, karena untungnya bisa maen adhoc sama psp, jadi bisa maen multi sama adek. antara ini dan SS, jelas saya milih GE2. monster, bentuk senjata, bentuk karakter beragam dan lebih enak dipandang GE2. mungkin karena lebih kliatan wibu kali ya wkwk.






Best VN/Adventure game
Phoenix Wright Ace Attorney: Dual Destinies (3ds)

setelah penantian lama, akhirnya rilis juga sekuel crita bang pinix. fitur2 baru yg diperkenalkan di dual destinies makin membuat drama di pengadilan seru. last casenya bner2 epic pas ketiga tokoh utama pose nunjuk. muantabb dah pokoknya. moga2 buru2 dibikin sekuelnya lagi.








Best Moe Game
Neptune Re;birth 1 (vita)

<this pic explains it all.












Best Indie Game
Soda Drinker Pro (pc)

not sure if I can call this a game, but... this is awesome.
gem FPS favorit bleh. First Person Soda :v
mending jajal sendiri bleh http://sodadrinkerpro.com/












Best Downloadable game
Rain (psn)

konsepnya simpel, tapi eksekusinya bagus. atmosfernya bagus, menggambarkan bocah cilik yang ngejar2 cewek ditengah hujan. dikejar2 monster macem anjing sama figur misterius, yang gak jarang bikin 'ndredeg' (deg-degan). playtimenya sendiri sih lumayan pendek, tp tetep jadi salah satu game downloadable paling memorable di tahun 2013.












Best HD Remaster
Ducktales Remastered

emang kayaknya lagi ngetren hd remaster, entah itu dari nes sampe ps2. dibanding remaster yang lain, menurut saya ducktales yg terasa paling 'polished' dan fun. this game looks gorgeous. castle illussionnya miki juga lumayan sih, tp tetep bagusan ini imo. salut buat wayforward.







Best Soundtracks
Tears to Tiara II: Haoh no Matsuei

soundtrack ttt2 bagus2. terutama untuk scene2 yg touching, makin mengaduk emosi. sayang kok ost yang didapat dari LE first press isinya cuman 6 track.. dan yg pengen saya dengerin malah g ada T_T kapan neh rilis cd ostnya aaa















Best Story
Phoenix Wright Ace Attorney: Dual Destinies

mau masukin wa2 kesini, tapi itu kan gim rilisan 2012, lol. PWAA:DD, meski bukan dibuat oleh shu takumi lagi, storynya tetep mantab. tambahan cutscene juga makin membuat story lebih epic. emang buat beberapa kasus terasa terlalu maksa dan terlalu banyak kebetulan, tapi emang itu sih yg bikin seri PW asik. game dibuka mendekati case terakhir, lalu flashback. dan ternyata kasusnya saling berhubungan. twistnya juga mantap. in justice we trust!





Best Graphics 
Last of Us (ps3)

dat giraffe scene. so fucking cool, setuju sama elie.
saya rasa buat di ps3, grafis paling bagus emang last of us. pemandangannya mantab. desain map dan building juga detail.









Best PS3 game
Last of Us 

kyknya dah ga perlu dijelasin lagi, gameplay, grafis, story, bagus semua. must have deh buat semua ps3 owner.










Best PS Vita Game
Neptune Re;birth 1 

I had the most fun playing this game on my vita. jadi ya.. jelas ini goty vita buat saya :v











Best PSP Game
Shining Ark

PSP isn't dead yet. masih ada aja gim baru yg rilis buat psp. shining ark masih pake gameplay yang sama dengan shining blade, hasil evolusi dari VC. gameplaynya fun, kecuali si panis yg bikin stres. panis wa panis dayo. mati aja lu.
















Best 3DS Game
Pokemon X/Y

dah jelas. pokemon still reigns supreme.













Best PC Game
Tomb Raider

Tomb Raider looks gorgeous on PC. terutama dat tressFX hair, lol. gameplaynya sendiri asik, campuran survival, adventure, dan puzzle. asik lah pokoknya. cuman mending karakter lara jangan dibandingin ama classic lara. daripada buthurt.








Best Mobile Game
Layton Brothers: Mystery Room

iseng buka appstore...wiw, game layton di hengpong! salah satu surprise bagi saya di tahun 2013. meski gameplaynya sendiri beda jauh dengan layton biasanya, storynya tetep asik buat diikuti. tiap case yg serasa bit-sized, memang cocok buat dimainkan di hengpong. definitely try it out!








Most Disappointing Game
Beyond: Two Souls

gamenya aslinya gak jelek kok, cuman ya karena saya overhyped dan main dengan ekspektasi bakal sebagus Heavy Rain, jadi kecewa. still worthed kok buat dimainkan.










Most Absurd Game
Soda Drinker Pro (pc)

Jujur, saya speechless pas pertama dengar tentang game ini. pas maen, tambah speechless lagi. terpukau. absurd, but awesome. penasaran kalo maen pake oculus rift jadi gimana.













Kusoge of the Year
Vividred Operation: Hyper Intimate Power (ps3)

emang bosok. barely playable. bosok, bossoook banget. pergerakan terasa clunky, buat gim 3d action rasanya aneh banget cuman bisa gerak di 2 lane, maju mundur, kanan kiri. ga bisa atas bawah, padahal, musuh ajaibnya bisa. mau narget jadi gila susahnya. plus, vividred sendiri malah ga playable in-game, harus beli dlc lagi. f*ck you bamco.






Game of the Year
Pokemon X/Y (3ds)

Do I really need to explain?

0 comments:

Post a Comment