Sunday, January 5, 2014

7:39 AM

Akhirnya kelar juga.
All pilots, ms, partners, cards, medals. pretty much everything.
maen maraton dari taun baru sampe sekarang. ps hampir ga pernah mati lol.
tp seperti biasa gak saya platinumin. sisa trophy 1 biji sengaja gamau saya dapetin.
karena "life is never plat" :v


Impressions

Sudah 3 tahun sejak gundam musou 3 rilis akhir tahun 2010 lalu. Akhirnya dibikin sequel, Shin Gundam Musou. Sama kayak GM3, SGM masih game action beat em up seperti game dynasty warriors biasanya.
Rilis tanggal 19 Desember 2013 untuk PS3 dan Vita. Kebetulan saya beli versi PS3nya biar bisa offline co-op sama adek.

Gameplay
kurang lebih masih sama kykgundam musou sebelum-sebelumnya. Bunuh grombolan kroco2 yang pasrah, ace datang, sikat. Fitur baru disini Burst dan Burst Combination yg bisa manggil partner bikin medan perang makin kisruh. Di SGM map space dimasukin lagi, setelah menghilang di GM3. Pilot bisa lv up spt biasa, dan bisa learn berbagai skill. ada macem-macem skill, mulai dari one-man army, ace killer, small giant dll. yang paling asik sih imo blast strike. tiap nembak meleduk kemana-mana. buat upgrade ms sendiri pake plan. bisa dari drop-an musuh ato unlock dari card. rank E-S yang tertinggi. Rasanya lebih gampang daripada seri seblum2nya, armor kita dah g kayak kertas lagi, disebul mbledos. Apalagi kalo pake plan rank S. diserang kayak ga kerasa blas. paling2 cuman stage2 akhir ultimate di operation True Gundam Musou. Bintang 8, locked ke-hard. Trio anarkis musha, mk2 & knight bisa bunuh kita dalam sekali kombo, sekali kalah duel, modar, meski lv dan stat udah maxed. kecuali kalo pake destroy. robot nge-chit. Ga bisa komen apa-apa lagi buat gameplaynya. matiin otak aja deh kalo maen. sikat kroco sampe puas.

Graphics
Buat grafik jelas terjadi peningkatan. kalo GM3 dulu pake style cell-shading, SGM lebih ke style realistis. Kalo dilihat close-up bakal kelihatan peningkatannya. terutama buat unit-unit baru, keliatan kinclong banget.
buat efek shadow masih bosok, kliatan ngotak2.

Story Mode
ada official mode dan ultimate mode. official crita nurut dari kartun. ultimate crita crossover. buat SGM sendiri kayaknya memang story lebih fokus di official mode. dan emang officialnya asik, salut buat KT untuk official modenya. scene full voiced, FMV full CGI. maen jadi serasa nonton kartunnya lagi. yg ngecewain saya kok kyknya ini fokus banget ke seri seed/destiny. seri2 AU laennya dianaktirikan. seri baru macem 00 dan AGE (lol) malah g ada. oke, jujur kalo story age mungkin g ada yg kepengen karna bosok :v tapi kalo 00 unitnya aja dah banyak yg ada in-game. kok kyknya mubazir kalo ga dibikinin official modenya juga. kalo seri2 uc emang dari dulu di official mode ada. tp seperti biasa ZZ diupakan. Buat ultimate modenya sayangnya gak voiced, g ada FMV sama sekali pula. kalo saya sendiri sih aslinya lebih prefer fokus crita crossover kyk di GM3. but oh well, story di ultimate masi mayan asik diikuti meski ga voiced dan no fmv. Dialog in-game masih voiced, jadi kalo pas tengah misi misal amuro omong2an sama setsuna ya voiced. mayan lah.

Rooster
jumlah unit dan pilot bertambah banyak dibanding seri sebelumnya. HAMPIR SEMUA tambahan unit dari seri seed/destiny. fu*k. paling gak cagalli akhirnya playable, voiced pula. sempet kaget juga, soalnya dari dulu kan pengisi suaranya ada masalah sama sutradara gsd. gamau ngisi cagalli lagi sejak gsd. di game2 laen kebanyakan bisu jadinya deh. unit dari seed/destiny hampir semuanya ada, sampe ke kroco2nya pula. trio druggiesnya azrael dan trio koplonya neo ada semua. cuman g tau kenapa savior g ada. daridulu kok prasaan savior kyk ga dianggep. di srw k ama l aja yg ada story gsd g ada savior. wtf. Dari seri lain kyk cuman apa ya, banshee mungkin. epyon ma talgeese2 dulu dah ada belum ya, lupa. sandrock ama shenlong dari dulu ga masuk2. wtf. seri gundam x juga garrod+dx doang dari dulu. kasian banget rasanya. Selain MS, tambahan baru juga playable MA. jadi sekarang kita bisa maen pake Psyco, bigzam, dkk. kalo dilawan rasanya repot, tapi kalo dipake trnyata malah lebih repot lagi. jalannya lemot, mau nyerang susah. bosok deh pokoknya. yg imba cuman destroy. unit2 DLC di sgm ada in-game semua sekarang. yang bikin rada kecewa g ada tambahan unit original macem musha dkk. gm1=musha, gms/2=musha mk2, gm3=knight. sgm g ada tambahan, original unit ya cuman 3 biji itu doang. knight masih imba kyk di gm3, cuman rada di-nerf sekarang. mode full armor hanya bisa diakses pas burst. dulu mah OP banget gagara tiap ngluarin SP berubah jadi FA, lol. tapi tetep imba sih knight disini. farming kill 3 menit bisa 2k lebih :v.

Replay Value
replay value cukup besar karena ada card collection. kita bisa ngoleksi kartu imajiner. kurang asik gimana coba :v
tiap2 kartu punya requirement tertentu dan bakal unlock sesuatu. entah itu playable character, ms, partner, ato item/duit. tiap pilot bakal unlock ability newtype habis kill 5000 unit. sedangkan tiap ms tier 1 dan MA bakal unlock kartu buat lisensi kalo dipake 10 kali maen. bakal unlock kartu buat plan rank s kalo udah kill 10k. yup, bener, 10k, ten thousand. 10 RIBU. 10 RIBU tiap unit. buat unit2 tier2 & grunt cuman butuh setengah/seperempatnya sih. tapi emang grinding kill ini yang paling time-consuming kalo emang niat 100% in koleksi kartu. jumlah unitnya 100 lebih... farming kill buat tiap unit.../:v\ tapi imo, grinding kill buat tiap unit dan pilot ini gak begitu painful, karena tiap unit unik2, ditambah lagi kita bisa ganti custom bgm ke mp3 favorit. biar ga bosen.
jujur, saya sendiri berkali2 ketiduran pas grinding kill sih :v
tapi perasaan yang didapat pas berhasil ngumpulin semua kartu itu... sesuatu banget :v satisfying rasanya.

Conclusion
Overall, Shin Gundam Musou lumayan fun. meski akhir2 rada painful buat grinding kill. buat yg suka gundam kudu maen game ini. yg suka gim buat ngautis juga bakal cocok. sambil nunggu Gundam Extreme Versus Full Boost rilis tanggal 30 Januari besok.

udah ah segini aja. capek begadang berhari2 buat ngumpulin kartu imajiner. lol.
sekian.

0 comments:

Post a Comment