Wednesday, April 16, 2014

11:30 PM
Wow, akhirnya rilis juga yang sudah ditunggu tunggu sejak lama, sekuel dari SRW Z2. sejak terakhir kali rilis Z2-2 di 2012 emang udah banyak srw lain yang rilis sejak z2 tamat seperti og2nd dan mk3.. tapi emang dasarnya saya suka srw yang gak og thok isinya, crossover berbagai kartun robot is still the best.

Sayangnya Z3 ga dirilis di ps store asia... gagal hemat lol .jadi terpaksa beli versi ps3 di ps store jepang sambil nunggu versi vita masuk seller indon. asem tenan.

warning: spoiler alert



SRW Z3: Jigoku hen rilis tanggal 10 April 2014 untuk PS3 dan Vita. Sama sepeeti Z2, Z3 dibagi menjadi 2 game/ 2 chapter. Jigoku hen disini bukan 地獄/hell karena kanji yang digunakan 时狱篇/time prison, karena memang storynya sendiri berpusat pada time prison.

Story

cerita dimulai setelah event di Z2, dimana member ZEUTH pada balik ke dunia asal dan yakin kalo mereka pasti bisa bertemu para member ZEXIS lagi. tiba2 shit happens, dimension quakeee, oh shit, dunia nggabung lagi deh.

Tokoh Utama game ini Hibiki Kamishiro, bocah galau yang hobi naek robot raksasa bersama gurunya, bu guru suzune yang bertugas duduk di pundaknya. Inti dari cerita sendiri ya tentang Z-BLUE, tim gabungan robot2 lintas seri melawan Gadlight dan pasukan Geminis. Untuk story utamanya sendiri saya nggak begitu tertarik, justru lebih tertarik interaksi antar karakter lintas seri. Z3 delivers this well.

Beberapa karakter dari Z2 muncul lagi disini, dengan tambahan karakter-karakter baru. Heero dan Setsuna masih bro sekali disini, dan ketambahan lagi beberapa karakter pemurung, jadilah power rangers muttsuri 5! Setsuna, Heero, Sosuke, Chirico, dan sang tokoh utama Hibiki.
Sempat di salah satu event party setelah battle, Setsuna disuruh nyanyi bareng muttsuri 5 sebagai center... ekspresinya priceless sekali, lol.
Karena di awal game setsuna masih belum muncul, heero daripada nganggur kerjaannya bantuin sosuke, bahkan sampe ikut2an pake bonta-kun.


yang terasa 'dipaksakan' disini, karakter2 yang sudah dapet robot2/finisher ultimate jadi downgrade dulu di awal game. Alasannya macem2, ada yang gundamnya lagi diservis lah, ada yang lagi galau jadi ga bisa SEED lah (shinn), dan yang paling busuk karena LUPA. kok bisa lupa? oke, mungkin emang bakal trlalu gampang kalau dari awal dah dapet robot2 dan jurus imba... jadi bisa diterima sih. pesan moral: jalan2 antar dimensi bisa bikin kita pikun.

Buat story sendiri, surprisingly final stage bukan lawan boss original, tapi lawan anti spiral, aka final episode TTGL. Musuh utama hibiki sendiri sudah ajur di stage 58. Epilog ada sih, lawan og,  tapi pretty much cuman ekstra, 1 turn slese gitu, trus langit pecah (imply time prison hancur), terlihat bumi ke 2. wow, clifffhangerrrrrr bangets


p.s: asakim muncul di preview z3-2 wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww


Gameplay

gameplay masih sama seperti srw biasanya, strategy rpg. 2 unit bisa dijadikan 1 tagteam, mirip dengan sistem twin unit di seri og, cuman bedanya disini teamnya mengikat alias gak bisa lepas gabung tim seenak udel ala og. Mungkin lebih bisa dianggap mirip srw di seri handheld ds dan ux di 3ds.
Buat main unit dalam tim kita masih bisa ganti ditengah misi kapan saja, tapi beda dengan sistem twin unit di og, unit partner nggak bisa execute attack selain yang diberi label 'assi' (aka assist attack). Misal main unit nyerang dengan ALL attack juga, partner otomatis ga bisa nyerang. mungkin trlalu broken kali ya kalo dibikin ala og2nd.

Dengan adanya sustem tag team ini, muncul fitur baru lain yaitu tag tension, yang kalo full, kita bisa melakukan Maximum Break, atau Tag command. Maximum Break mirip juga dengan MB di og2nd, bedanya sekarang cuman dilakukan 2 unit, tapi plusnya sekarang semua unit bisa MB asal tag tension penuh.

Tag command sendiri ada macam2, bisa milih tergantung selera; multi action, pp x2, z chip x2, atau sp charge. memang skill continous action sudah dihapuskan untuk tiap karakter, tapi dengan multi action ini malah akhirnya jadi lebih broken dari continous action. multi action>meledukin musuh, tag tension penuh>multi action lagi>meledukin musuh, tag tension penuuh... dst. bisa dalam 1 turn jalan 5 kali. serius.

Z chip yang barusan disinggung sendiri merupakan currency baru di z3, yang bisa dipake buat beli parts overpowered yang dijual di D Trader. selain buat parts, Z chip juga bisa buat mod system, e.g system TEU; All Teams gain +1 Tag Tension and all Units gain +5 Will at the beginning of the Stage. tambahkan misal member tim sudah ace smua, additional +1 tag tension. Awal misi smua tim sudah full tag tension, ready to multi action like a boss. Kalo udah gini, 1-2 turn juga misi udah beres. 

Dengan banyaknya fitur baru ini, Z3 terasa easy as f*ck, seriously. dapetin smua SR juga jadi gampang banget. Bahkan saya kepikiran, "how can you NOT get the SR point in this game?"
wadehel, bahkan requirement buat SR poin juga gampanggg banget. misi beyond the time misalnya, req habisi smua musuh dalam 6 turn. bitch please, 3 turn udah bersih mapnya.


yang bikin rada kecewa unit dari 00 movie, movelistnya dikit banget dibanding di UX. ga dapet final mission pack pula... mungkin nanti di z3-2 kali ya.

Graphics

nah ini yang jadi masalah, gim rilis buat ps3 dan vita tapi psp qualityyyyy. gila, mapnya cuman kepala doang, dafuq. 2014, head only map. harusnya banpresto ga bisa alesan karena dirilis buat vita, jadi ngak kuat buat full isometric map kyk og2nd. I mean, even PS1 SRWs have isometric maps!
buat z2 map pala doang bisa diterima sih, psp gitu. heck, even mx portable has isometric maps. Tapi vita kan hampir setara ps3, sebagai contoh aja, super heroine chronicle yang rilis baru baru ini aja kuat map isometric. dafuq banprestoo.
z1 yang di PS2 aja pake full map. ini... sequel tapi malah downgrade.
mungkin aslinya z3 rencanany buat psp kali ya, tapi karena dah hampir punah, dirilis buat vita aja, sekalian diport buat ps3 biar max profit wkwkwk

animasi robot mc sendiri, Genion, terasa subpar, seriously that dagger attack is soooo lazy.
untungnya pas udah berubah jadi GAI Mode, selain stat yang upgrade, animasi juga keupgrade jadi so wow. Final Attack Jikwondo like a boss. that finger snapping at the end.... awesomesauce
salut buat pengisi suara Hibiki, yang padahal baru major role pertamanya udah bisa ngisi suaranya dengan baik.

buat animasi unit2 lain, terutama untuk unit2 yang muncul kembali dari z2 kebanyakan cuman kopas dari z2, trus di upscale. keliatan banget di Dancougar nova, jaggggiies, sakit mata ana.
Buat unit-unit baru, keliatan banget animasinya lumayan smooth, not og level, but still good. Contohnya animasi gunbuster yang super smooth, mau nendang muter2 dulu. animasi quanta juga bagus. tapi nggak semua unit sih, unit2 dari FMP terasa kaku gerakannya, mungkin emang dibuat kayak gitu ya? buat final attack Lambda Drive Strikenya Arbalest tapi dah lumayan mantap.
yang paling kasian unit dari seri EW, bosok smua. bagusan di z2 smua.
WZC mayan sih, final attack dapet full cutin, sayang gak punya ALL attack sama sekali, post movement map still a beast tho. Heavy arms... bagusan di seri alpha, joget2 atraksi badut. Sandrock, where the hell is ur maganac corps. Nataku, harusnya dikasi ALL attack with dem claws. Deatschyte? lolololo animasi paling busuk di game ini imo. Yang paling bagus dari gerombolan ampas EW cuman Tallgeese 3, itu juga keliatan gendut banget kayak kbanyakan makan McD.

Beberapa unit lawas diupgrade juga animasinya, contoh, zeta dan nu. Nu's all range attack.. so wow!
yang jadi highlight utama di Z3 ini ya TTGL, dulu mayan sakit ati karena di Z2-2 plot TTGL dipotong begitu aja, sampe sampe belum sempet muncul the titular mecha, Tengen Toppa Gurren Lagann. tapi untungnya di Z3 akhirnya dimunculin, di final stage, still amazing tho.
mungkin hampir seluruh budget dihabisin buat TTGL makanya yang lainnya seadanya.
just look at this video, wwwww SUBARASHIIIII


Features
di Z3 sudah disediakan berbagai bgm dari seluruh seri yang ikut muncul kali ini, tapi buat yang belum puas atau pengen ganti bgmnya dengan vocal version bisa diganti sesukamu karena ada fitur custom bgm. saya sendiri sih, lebih milih bgm yang udah ada ada aja, tapi sayangnya bgm untuk FMP kurang sreg. mana minami kaze manaaa /:v\
mungkin karena fitur custom bgm ini, jadi tiap mulai animasi ada jeda sekitar 2-3 detik sebelum dimulai, jadi ps nya lagi mikir dulu buat load lagunya lol.

yang bikin salut sih unique quotes pas battle animations. hampir semua boss punya unique quotes tiap lawan karakter dari seri manapun, terutama gundam. bahkan kroco dari seri manapun juga sensi sama gundam. lol. "If I can only shot down this gundam.. I'll be famous!"
beberapa boss punya quote yang kocak juga, e.g kagura kalo lawan unicorn (dan gundam secara umum), "imma gonna eat ur gendumbs!", ironisnya pengisi suara kagura dan banagher sama :v
kalo pengen yang 'aneh' lagi coba pake alto dengan partner graham, nyerang mikage. samevoices....
WE U1 NAO, kayak ngeliat orang ngomong sendiri di kaca lolol
sedangkan Gadlight sendiri kayaknya punya unique quotes untuk setiap karakter deh, pokoknya ini orang knowitall jadi ya pantes aja si nyambung omong2an sama sapa aja.

ada fitur cross save buat ps3/vita, save file bisa disave di harddisk/mmc atau di network. tiap mau save ntar ada pilihan save di hdd/mmc atau di network. which is greeatt. fitur yang saya harapkan di shc tapi malah ga ada :(
btw, di versi ps3 sendiri ga ada vibration sama sekali ketika animasi dinyalain, gak kayak 2nd og. mungkin karena emang cuman port gim vita kali ya.
satu lagi yang bikin saya kecewa, fitur screenshot di vita dimatikan T_T
padahal udah semangat pengen ngambil screenshot yang banyak di versi vita
wtf banpresto, MK3 dan shc juga dimatiin fitur ini. udah tradisi banpresto kali ya. asem.

Conclusion
SRW Z3: Jigoku Hen memang cukup mengecewakan, tapi overall masih layak dimainkan buat fans seri SRW atau fans seri mecha/robot secara umum. Difficultynya emang trlalu gampang, tapi emang seri SRW mainly tujuannya buat fanservis, and Z3 delivers this very well. Final Stage TTGL so wow, so satisfying that TTGL alone is already worth your purchase.

0 comments:

Post a Comment