Wednesday, April 16, 2014

11:00 PM
wow.. judulnya panjang banget
telat banget repiewnya, sampe dah hampir sebulan setelah rilis. sebenernya mau dari kmaren2, cuman kepikiran apa skalian habis nyecan+translet komik bonusan LEnya....

cuman gagara emsnya telat banget.. sampe hampir 2 minggu baru nyampe, ya jadinya lom sempet.
(ngirimnya dibarengin maenan dll si :v)
untung udah beli versi digitalnya juga, jadi dah bisa nepunepu sejak tanggal rilis \:v/

udahan curhatnya ah.
btw spoilers alert


Re;birth 2 rilis tanggal 20 Maret 2014 buat PS Vita, merupakan remake dari Neptune Mk 2 yang rilis tahun 2011 dulu. Sama seperti re;birth 1, re;birth 2 diperbarui dengan battle system ala nepu Victory. Beda dengan re;birth 1 yang super duper remake dari neptune 1 vanilla, re;birth 2... jujur aja sih, nggak beda amat ama original mk2. Saya sendiri lumayan hype re;birth 2 gagara habis maenin re;birth 1 yang superb banget (story dirombak besar2an jadi jauuuh lebih bagus), saya ngarepin hal yang serupa buat re;birth 2. Tapi ternyata story cuman kopas dari mk2, dengan beberapa perubahan sedikit. Buat mk2 vanilla, pas event pake model 3d, yang bener2 kaku, gak enak diliat. Untungnya karena protes orang2, mulai Victory balik lagi pake 2d potrait, dan tentu saja di re;birth juga pake 2d potrait. Ini saja imo sudah bisa dianggap nilai plus buat versi re;birthnya.

Story:

Awal story masih persis di Gamindustri Graveyard, para megami kalah dibantai cfw gang. bedanya disini adegan gelut pembuka pake full fmv (kyk di re;birth1 juga), which is a nice addition imo. IF and Compa to the rescue! tapi sayang yg bisa diselamatin cuman nepgear.. yang langsung kalah lagi lawan judge the heart. Habis itu game lanjut sama persis kayak mk2 vanilla, bahkan key questnya masih sama persis. Oh iya, adegan nepgear henshin lagi untuk pertama kalinya juga fmv, yay?


dari sini, story bner2 sama persis kayak mk2. Karena N1-chan dan gust-chan udah ga muncul lagi di seri nepu for some reason, peran mereka direplace sama RED-chan dan Broccoli-chan. Peran Falcom dan Cave untungnya gak diganti sih, dan bagusnya lagi sekarang mereka langsung playable tanpa dlc. Selain mereka ber4, beberapa karakter maker lain yg muncul di Victory sebagai dlc (dan re;birth juga), juga muncul lagi disini, meski ga semuanya (Tekken, CC2, Marvelous). Sayang Mages-chan gak muncul lagi, padahal koplak banget di re;birth 1. Bner2 Okabe Rintarou versi cewek, nganggep Noire sbg asistennya terus juga (yang kebetulan seiyuunya sama kyk Kurisu, 'asisten'nya okabe). Karena karakter makernya beda, of course CG buat maker end juga beda.


kalo yang pernah maen mk2 pasti ngerti tentang salah satu ending yang bikin kaget. The Infamous Conquest Ending. masih ada lagi di re;birth2. Nepgear kills all other megamis. DEM FEELS.
meski dah pernah maenin dan ngerti apa yang bakalan terjadi... ttep aja nyesek pas liat bantai2an. Scene pas rom dan ram ditujleb... huehuheuheuhue...T_T ngak kuat... "I'm scared... I don't want to die..."

di re;birth2 sendiri ada ending baru tambahan yaitu holy sword ending, versi 'happy'nya conquest end. Gak jadi bunuh2an. Jujur aja, holy sword ending ini bner2 ga jauh beda ama true end, bahkan percakapan antara karakter dan 'rival'nya masih persis. anggap aja versi pendek true end. Bedanya disini dapet pedang super imba 'share blade' dan upgrade buat hdd form nepgear jadi 'lilac mk3'. and of course, new cg.


Gameplay

Buat gameplaynya sendiri, seperti yang sudah disebutkan, pakai sistem victory. which is gooood.
beda ama re;birth 1 yang cuma bisa pasang 3 active member, re;birth 2 bisa pasang 4! yay!
jujur, battle system victory emang jauuuuuuh lebih bagus daripada mk2, tapi ya gitu deh, jadi trlalu gampang. Tinggal spam rush combo sampe EXE gauge full, sikat pake EXE finisher, beres. sistem lily juga spt biasa masih ada, support skill nepgear break damage limit+noire infinite slash pretty much mows everything. Sekarang Break Damage limit juga bisa dibeli lewat Remake system, jadi smua anggota party bisa break damage limit tanpa harus coupling dengan Nepgear. Tambahan lagi ada system mod buat EXE drive biar lebih cepet nambahnya..... even Delphinus is a joke now

selain remake system bawaan dari re;birth1, ada juga semacam mini game yaitu 'nariyuki dungeon', dimana kita bisa ngirim feli dan stela untuk explor dungeon secara real time, sementara kita nglanjutin petualangan kita sendiri. dari nariyuki dungeon ini kita bisa dapet macem2 item mulai dari resep, material, atau idea chip. buat iseng aja sih. kalau mau ngomplitin nariyuki dungeon mayan bikin setres lol.

Graphics
buat grafisnya sendiri sudah lumayan, nggak kalah dari seri nepu yang di ps3. Yang bikin salut disini frameratenya udah lumayan mulus. Seri nepu emang yang bikin malesi framedropnya yang gilo, victory dan mk2 ga jarang serasa seperti ngliatin slideshow kalo layar udah rame. Thumbs up buat Felistella yang udah bisa optimalin fpsnya jadi begini bagus. explore dungeon loncat2 jadi lebih semangat.



Customization

Fitur kustomisasi avatar juga masih ada, ada banyak kostum dan aksesoris buat party member. Buat 4 megami candidate ada lumayan banyak kostum, dari kostum cosplay, maid, dan mizugi (dulu di mk2 dlc, tp sekarang smua in-game, yay!). Buat karakter maker juga ada banyak, contohnya tekken-chan yang dapet kostum kuma, lars dll. Sayangnya nggak buat smua karakter dapet perlakuan sama, bahkan 4 megami utama (nepu, noire, blanc, vert) cuman dapet kostum recolor. yang bener2 dapet ampas ya IF dan Compa... prasaan daridulu ga dapet kostum laen deh. Mayan sih bisa dipasangin topi..


Conclusion
Neptune Re;birth 2 layak dimainkan buat yang suka rpg.. terutama moefaqs. Story memang kalah epic (dan koplak) kalo dibandingkan dengan re;birth 1 karena cuman kopas dari mk2, tapi gameplaynya outshines re;birth in every aspect, and dem good fps too. Buat yang belum pernah maen mk2 definitely try this game out, bagi yang udah ya.. ga ada salahnya maen lagi karena gameplay jauh lebih bagus dari mk2 vanilla.


some thoughts:
1. early on 2nd playthrough, ultimate weapon buat uni, rom, ram, noire, vert bisa dibeli di shop, meski dengan harga yang mahal, soo worth it. nepgear ultimate weaponnya gak dijual, karena cuma bisa didapat di holy sword ending, jadi lebih baik beli weapon buat noire, couple ama nepgear buat skill break damage limit, watch numbers fly when using noire's infinite slash. uni hitnya paling banyak, jadi pasangin disk yg ber-ide chip exe charge/exe recov biar exe ngisi tambah cepat. rom dan ram bagus buat bunuh kroco random encounter karena stat magicnya gede, dan sp skillnya aoe lumayan gede.

2. falcomnya sama kayak di mk2, versi rambut pendek, bukan twintail. which means no tio cosplay T_T

3. remake system is sooo fun. mod dungeon asik banget sambil nebak2 item ini itu dapetnya dari mana. bisa beli "break damage limit" dan "faster exe drive" pula... yang tambah bikin gamenya easy as f*ck. yang mau challenge juga bisa pilih untuk nyalain "stronger enemy". Tambahan juga sekarang bisa recruit oracles asal memenuhi kondisi di remake system. meski ga kuat2 amat, it's still nice to finally able to see them in battles.

4. banyak 'cameo' parodi karakter2 dari game laen yang namanya diplesetin seperi enaka satochi (satonaka chie), monopanda (monokuma), dll. selain dari game juga ada parodi lain seperti kimizu nana (mizuki nana) dan bahkan col sandersnya kfc! lol

5. opening them tidak se-catchy opening re;birth, but still good. seperti biasa ending themenya so goooood, never give up.. nep.. gi.. ah... I see what you did there CH :v
dan di akhir true end ada tambahan setelah credit roll selesai....

neptune yang baru pulang kesedot ke dimensi lain, trus blam! muncul tulisan to be concluded.
obviously hinting at victory remake
idk tho, kalo emang victory bner2 seri terakhir... V II itu apaan? :v
mungkin seri terakhir re;birth? bisa jadi kali ya, ntar V II langsung multiplatform vita dan ps3 (ato mungkin ps4) makanya sampai sekarang platform V II masih dirahasiakan.
maybe...

0 comments:

Post a Comment