Wednesday, June 11, 2014

3:51 PM
1
yang ditunggu2 akhirnya datang juga \:v/
khilaf beli ampe 4 biji+1 digital gagara bonus store yg beda2...
untungnya gimnya yang dobel2 banyak iseng coba jual di ljb vita, Alhamdulillah uda laku smua (3 biji) yg satu buat simpenan sendiri, lol.

benernya gimnya sendiri udah tamat sejak seminggu lalu si, dah maen dari day 1 thx to dijital ver \:v/

oke, langsung aja ripiunya...
btw spoiler alert
Story:
pertama kali kita mulai game kita langsung disambut opening movie... yang dinyanyiin Noire-sama sendiri alias mbak imai asami :3.. oke, skarang mari mulai new game!
settingnya di dunia paralel lagi... alias ga nyambung ama mainline series/rebirth...
gim dimulai dg opening cg cutscene noire vs 3 megami.. dan hasilnya noire menang? :o \:v/
pretty cool... and cute
noire jd semacam diktator gitu si... habis menang hepi2 balik ke lastation tiba2 didatengi ama wanita misterius yang wajahnya familiar... (unuk*majekon*uhuk). of course shit happens, dunia jd chaos, smua kehilangan kekuatan.. bahkan buat kill satu biji sline aja noire dah ga kuat... sampe akhirnya random guy datang nolong seadanya.... yaitu hishokan-san/secretary aka YOU, the player. karna ada yg percaya (which means share power in nep world), noire bisa brubah lagi dan kill dem stupid sline. honestly, I really HATE self insert (SI) character. palagi di gim nepu. ada SI means less yuruyuri :| kyknya dah jadi tradisi di seri spin off harus ada SI. 
story sendiri si imo ga gitu spesial, malah trkadang rasanya plain, karena 70-80% game cuma serasa ketemu karakter baru->gelut->join the party.

KODOMO NO TSUKURI KATAAAAAA!? :v

scene tiap ada chara baru join the party emang kocak-kocak si, jadi ya ttep asik buat ngikuti storynya.. salah satu contohnya ya scene pas restoa join the party. 10/10 gold.

karakternya emang ada banyak, beragam, dan colorful, selain 4 main megami, ada banyak karakter personifikasi gim2, yg bikin kocak si nama karakternya semacam plesetan judul gimnya...


-Restoa - agarest 
-Li Fai - street fighter
-Lid - metal gear solid
-Ain Al - Fainaru Fantajii/Final Fantasy
-Sango - Shin Sangoku Musou/DW series
-Generia - SD Gundam G Generation series
-Win - Winning Eleven
-Mor -Monster Hunter
-Ai Masujima - imas :v
-Bio - Biohazard aka RE
-Poona - Opoona

beberapa juga kliatan obvious dari karakter gamenya
-Tsunemi -Hatsune Miku
-Ryuuka - Kiryuu Kazuma
-Saori - plesetannya shiori tokimeki memorial

dan beberapa karakter yang less obvious dari namanya tapi bakal langsung kliatan kalo liat model karakternya
-Estelle - DQ
-Lady Wakku - Ms Pac-man
-Brossa - Sakura Wars... jujur yg ini saya g nyadar kalo ga liat attack animationnya
-Little Rain - denger2 dasarnya dari Little Snownya gim Neverland.. which I never heard of, lol

dengan karakter yang segini banyak, sayangnya peran karakter2 ini hampir g ada substansinya lagi habis join, kcuali untuk beberapa karakter, yang imo emang bner2 sangat2 wasted potential. ya emang dasarnya karakter sebanyak itu di squeeze dalam 9 chapter.... emang susah. coba ada sidequest buat sub quest interaksi antar karakter gitu kan bakal tambah asik. imagine.. the possibilities!

emang si, dari pengenalan prtama karakter muncul udah ada semacam yang kayak gitu, contohnya ain al ama estelle yang lomba banyak2an bunuh monster. tpi imo masi kurang si... rasa2nya Li Fai ama Ryuuka ga pernah ktemu deh, ga pernah keliatan muncul dalam satu layar/scene, kcuali pas event obligatory beach episode. padahal sebagai sesama maniak gelut kan harusnya ada interaksi lebih...

buat SI sendiri hampir ga ada gunanya di story... kcuali pas di akhir2 game, dan beberapa peran kecil di tengah2 game.... makanya imo ga perlu ini SI -_-

overall emang rada ngecewain buat story side character. tapi chapter akhir2, when shit got serious, storynya jadi epic lagi.... battlenya juga epic. trutama pas nepu, blanc, vert dikroyok smua game persona... battle bertubi2.. epic tenan.


Gameplay:
nah ini menurut saya bagian paling bagus dari gim noire ini. beda dengan gim nepu biasanya, modelnya bukan rpg tradisional, tapi srpg di grid map ala fft, hoshigami, dkk. mapnya juga myan detail dan model karakternya bagus...gak kayak uhuk*z3*uhuk. commandnya standar, bisa move, attack, skill, dan item. di sini, arah karakter menghadap ikut berpengaruh terhadap accuracy dan dmg.... kayak beberapa gim srpg laen, e.g maso kishin.


animasi skillnya juga ajib ajib. buat para megami mungkin skillnya sudah familier smua, infinite slash, neptune break, cross edge.. you name it. 
buat karakter persona gim juga animasnya bagus, malah imo lebih bagus karena sebagian besar skilnya isinya nglawak gim yang diwakili. contoh aja skilnya generia, summon gundam kw :v
buat yang males ngliat animasi kepanjangan juga bisa diskip kok, santay...

saya pribadi emang paling seneng ngliat animasi skillnya generia, summon gundam gituloh :v
selain itu ada juga opoona yang summon meteor ke bumi, lengkap dengan komen ala niconico...
ngakak bleh.
sementara karakter yang skilnya berguna imo ya restoa ama ai. dem buff. dem debuff. dem heal. 
2 biji karakter supporter ini wajib mesti saya bawa di starting party.


skill tiap karakter punya range dan elemental tersendiri. untuk skill non elemental, maka elemen yg akan di inflict pas skill dipake bakal ngikut elemen kristal yang diequip karakter tersebut.

selain SP, di gim ini ada LP juga, menggantikan tugas EXE gauge, yang bisa dipake buat hissatsu attack (infinite slash, nep break dkk). LP sendiri bisa didapet dari 'lily kiss' yg bakal ke-trigger kalo ada karakter jejer pas nglakuin skill, baik pasif maupun ofensiv. makin banyak yang jejer, makin banyak LP yang didapat. selain itu, semakin banyak yg jejer juga semakin gede bonus damagenya, dan semakin sedikit SP yang digunakan. jadi, di sini bener2 sangat penting penempatan karakter pas mau nglakuin skill. this really adds a whole new strategic element to this gaem, and I like it.


Khusus buat karakter megami bisa henshin dengan bayar 30 LP. ketika henshin emang bner2 jadi uber powerful, upgrade all stat + 10 jmp aka bisa terbang hampir kemana aja. khusus noire ada tambahan efek, bisa jalan 2 kali dalam 1 turn! gileeee.... biar gak trlalu OP, henshin state cuman bisa aktif 3 turn.. habis itu balik lagi ke bentuk semula.. dan tambahan lagi restricted cuman bisa henshin 1 kali dalam 1 stage.

buat stagenya sendiri, sting doesn't disappoint. tiap map rasanya ga ada yang plain, mesti kreatif dan variatif. ada macam2 stage gimmick dan stage hazard sesuai dengan tema map. contohnya aja ada kereta yang bisa dinaikin, batang kayu yang bisa dibuat lewat sungai, platform yang pindah2 tiap-tiap turn.. dll. yang bikin setres sih stage hazardnya.... yang cuma berlaku buat karakter kita! dafuq. musuh lewat pada aman smua, tapi kalo karakter kita yang lewat langsung kena jebmen wkwkw. emang bner ini gim nepu yang paling challenging imo. bahkan di diff normal kadang masih challenging buat mikirin cara nylesein stage ato bahkan cuman untuk bisa mencapai poin tertentu.

mirip sama disgaea, kita juga bisa angkat2+lempar2 barang, mainly kotak/kardus2an, buat bikin jalan untuk menuju ke tempat yang lebih tinggi. bedanya kita ga bisa ngangkat/nglembar karakter maupun musuh kita. ya cuman kerdus2an itu doang. nah ini kadang yang bikin setres. hampir semua karakter stat defaultnya jump cuman 1 alias cuman bisa naek 1 ketinggian, jadi kita harus muter2 cari kotak, kumpulin, tumpuk, baru bisa naek. ato kalo ga mau repot henshin aja... yang sayangnya dibatasi turn.


this stage... THIS stage. imo stage paling susah di gim ini. buat nylesein harus nanjak tembok dengan ketinggian 5.. artinya harus numpuk kerdus dari 1 tumpuk jejer 2 tumpuk jejer 3 tumpuk.. sampe jejer yang tumpuk 5. oke, kliatannya simpel, tapi yang jadi masalah, buat nylesein 'tangga' ini, masih kurang 4 kerdus... yang tidak bisa dijangkau pake cara biasa.. alias harus henshin biar bisa terbang. megami yang bisa dipake di stage ini cuma blanc thok, ga ada megami laen. jadi kalo sampe efek henshin blanc abis ya... ga bisa menang stage ini. f*k dis shit. yg bikin tambah setres, 2 kerdus sisanya itu ada di atas tembok! dijagain jamur2 yang bisa inflict curse... 2 turn langsung mati. blanc naek tembok mau ngambil kerdus.. keduluan kena curse.. mati. ya udah.. ikhlaskan, this stage can't be completed, harus retry /:v\ habis menang baru sadar... kalo bisa pake lady Wakku... yang punya jump stat 99!... ea jadi serasa bodoh sendiri :v

buat status ailmentnya, selain curse yang tadi, ada macem2 yang aneh, dan kocak. contohnya ya ini, kalo kena karaktermu brubah jadi 8 bit! wkwk. unyu si.. ya tapi jadi lemas lunglai. overall, buat gameplaynya gim ini emang top markotop, challenging tapi ga pernah kerasa unfair (ya kecuali stage yang saya sebutin barusan). ga bisa asal tubruk, harus bener2 mikir. ga kayak uhuk*z3*uhuk.






Misc stuffs
ada penampakan makhluk ajaib..... yang pernah maen fff pasti langsung sadar :v
tentu saja, selain battle di map, standar gim rpg, ada semacam kota/hub town...yang dipake ya lastation (of course). di hub town ada banyak hal yang bisa dilakukan selain shop dan setting equipment dll.

before

after













yg pertama, semacam 'kamar'nya noire. sim noire. dengan GP yang didapat dari beli barang2 di shop, kita bisa beli perabotan rumah dan upgrade rumah noire. selain beli prabotan rumah, disini juga ada "prayer to noire-sama", yang kurang lebih ada orang2 gajes random minta pencerahan dari megami nowah-sama. rasanya g ada efek apa2 deh buat yang ini, selain dapet tropy kalo bisa njawab smua pertanyaan dengan benar.... tropy doang! which means srs bsnss for tropycon.. :v

kalo kita berhasil beli cukup perabotan rumah untuk selanjutnya upgrade rank, bentuk kamarnya juga nanti bisa berubah contohnya habis upgrade jadi spt gambar di atas.

setiap berhasil upgrade rank, kita juga bakal disuguhi scene spesial.. dan tentunya lengkap dengan cg \:v/....
jadi selain tropy ada hal lain yang bisa bikin semangat ngomplitin perabotan rumah.



selain ruangan di atas, ada ruangan lain yaitu megami hotel, yang fungsinya jadi tempat penampungan megami lain dan karakter persona gim. kalo affection/lily rank salah satu karakter sudah cukup, nanti juga ada scene spesial, yang bisa di akses dari ruangan ini.






noire striker.... strike noire? coincidence, right.. yeah right :v

Item synth also makes a comeback in this game. kalo di seri re;birth syth item udah terintegrasi ke remake system, karena di gim ini g ada remake system, ya jadi stand alone lagi. karena senjata untuk karakter persona gim g ada yang dijual di shop, satu2nya cara untuk upgrade senjata mereka ya dari synth item di sini. senjata imba megami juga bisa di synth di sini juga sih...
intinya, selain battlenya, banyak misc stuffs yang bisa bikin kita sibuk, and I think they're really nice additions to this game.

Conclusion:
Gim Noire vita ini memang masih punya beberapa kekurangan, mainly buat storynya, tp secara overall package gim ini bner2 challenging but fun. gample ajib ditambah animasi yang kocak tapi keren....buat yang suka seri nepu, apalagi fans nowah-sama wajib maen gim ini. saya bahkan tidak ragu buat rekomendasiin game ini buat yang suka fft dkk. yes, it's THAT good imo. 10/10 goty pita :v nuff said.

1 comments:

  1. boleh saya beli game nya berhubung nyari di toko game dah ndak ada nih hehehe

    ReplyDelete