Monday, February 16, 2015

11:35 PM

Rose: ah dulu Alisha kan joshi mu sley? Kok pisah? Keknya pengen ikut terus de
Mikleok: she has weak spiritual power
Laila: bikin mata sore sakit ble, santay, elu mala isa kamui
Roze: wwwwwwww ok I shud be thankful for my spiritual power lolololo


pertama2.. yang mau saya tekankan disini, this is purely based on my opinion after playing the game. no, i didn't read any spoilers, didn't even watch the leaked opening.... just waiting patiently to play the game...
jujur, bnernya rada panas juga, gatel pengen mencet2 link2 yang ditag di fb... bener2 menggoyah iman :v

jadi, pas mulai maen bener2 ngak tau apa2 de, pelan2 antusias, meski rada2 malas gagara hype amblas karena ga ada ver digital (jadi ga isa maen day 1).. eh kok ternyata..............

BABAAAAAAAAAAAAAAAAaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Pertama grafix, ga beda2 jauh amat si ama xillia, mungkin lebi bagus ya kalo dari deket, dari jauh oooooooooooo jaggiesss, semak2 rumput juga cuman papan kertas berdiri, dafuq. gatau deh, bagus si bagus, tapi frameratenya ga nahan pas battle. siap2 ngrasain lag tiap gelut. Rasanya gimana yah, tiap gelut ngelag2. Kayak maen di emulator. Tapi emang overall mapnya lebi gede2 dari xillia sih, cuman rasanya lebih 'kosong' gitu, jaraknya jauh2, it takes forever to go somewhere. Dunge juga mayan gede sih, ama banyak gimmicknya, mayan lah. Kecuali ruin pas buat trial of water. Super troll dungeon. oke, mungkin emang kata baba di zesty ini lebih nonjolin eksplorasinya, THE ZEST OF EXPLORASION…. oke deh, di map emang ada macem2 si, treasure, batu sesembahan, discovery point, normin, gigantos, de el el. Seru juga buat eksplor ngumplitin itu. Yang bikin males ya mapnya kegedean, mo balik2 backtracking ke area yang dulunya ga kebuka (karena lom menguasai elemen avatar tertentu) jadi malas. Teleport? BISA KOK!! tapi harganya maso. srsly wtf, mending gausa dikasi teleport sekalian. di xilit gratis tis, enak jadi mo eksplor. disini... teleport2 mulu isa bangkrut. i mean, wtf.


STUNNING GRAPIGX
Next, battle system. battle system disini ga pake sp/ac kek xilit tapi pake sc, bisa dibilang mirip cc-nya graces sih, lengkap dengan a artes dan b artes which means no healing outside the battle. kayaknya banyak yang protes soal ini, emang sih ribet, mo heal jadi harus repot cari kroco gampang buat heal….  Ohwell. Yang baru di zesty, gelut ga pindah map, langsung di tempat, jadi ga ada transisi screen pas mulai battle. Kinda like shining resonance. imo ini keren. no loading times langsung gelut, mantab. sayang karena gelutnya di sembarang tempat, kadang di tempat sempit bisa mumet antum. dan seperti yang dah disebutin tadi, frameratenya ga nahan. sering kerasa kayak slideshow. Dan yang parah.. cameranya... gilo, fuuuuuuuuuuckkk. jelek gajes banget asfsasffsdafdfasdfsdfdfsaffsd. How can this shit passed QC is beyond me. 
actual SS from game. idk wtf im controlling
karena battlenya fokus ke gattai, party jadi forced 2 human + 2 stand. keren sih pas gelut bisa gattai ganti2 elemen kayak kamen rider. sayangnya, sore dan rose sebagai avatar fixed terus di party. GA BISA DIGANTI. terutama sore, harus ada terus. wat. the. fuk. gabisa bikin party full stand. Bahkan kalo pas human membernya sore doang, partynya cuman bisa berdua doang, 1 pair, meski stand ada banyak. Wat. Wat….
Uda gitu chara stand keknya emang fungsinya buat gattai doang. Bener2 ga niat bikinnya, ouginya spell semua. Like.. wtffffffff. Ga ada attack artes blas. Srsly babaaaaaaaaa. Apalagi disini ada arena abal2 juga. Pas solo pake karakter2 stand. Mencret kowe. Spell mulu keburu ditabok. Bahkan ZABIDA ga punya attack artes blas. Di tleler muncul2 bawa pestol mulu. Kirain stylenya kek ludger gitu. Ehhh.. kok ga dipake blas, Cuma buat ditembak ke pala ndiri. PERSONAHHHHHHhhh
Mau maining chara stand jadi males banget, no reason to punish urself. Jadi ibaratnya kalo battle ya yang viable dipake sore ma rose doang. IN THE ENTIRE GAME.

Di map juga, pas explorasi, HARUS dan HARUS pake sorey. Wow, like, wooooow. Di tales-tales sebelumnya ga pernah ada masalah ini padahal, bisa ganti chara onscreen seenak udel. U think X2 is bad for forcing you use ludger at all times? Think again. Di sini member forced di party 2 human, ya si sore ama rose. Dan onscreen emang sore tok sampe jelek, +rose ngikut2. Iyahhhhhh benerrrr, bahkan mo ganti rose aja gabisa, sakit ati rasanya uda borong2 dlc, tapi ga bisa ngliat dipake jalan2. Like seriously, wtf. I never felt soooo ripped off. Stand ga kliatan onscreen pas explorasi, Cuma muncul pas cutscene ma battle. Udah gitu buat kustomisasi karakter juga makin terbatas disini, ada poin untuk tiap aksesori, e.g. boneka makan poin 2 biji, eyepatch 1 biji. Max aksesori 3 poin. Jadi gabisa deh missal mo pasang boneka 2 biji. Gobloknya lagi, ahoge makan 2 biji. Wat wat wat. Mungkin biar gimnya yang udah ngelag banget ga tambah ngelag. Sedih bleh. Sediiih banget.


paling nggak bisa bikin milla kembar sih... oh well

Kampret kan padahal dah abis 10k yen lebih buat dlc. Kampreeet lu bamco.

dat eva costume on sore just.... ughhhhh! wtf im doin
Wait… barusan disebutin fixed 2 member human? Perasaan yang human ada sore, rose ama…alisha? Alisha itu apppaaaaaaahhhhhhh

>bikin mata sore sakit ble

>bikin sakit mata ble




Wowwwwwww wtf….. padahal yg dari awal diiklanin tuh si sore ama Alisha, dimana-mana. DIMANA-MANA. Iklan majalah, tipi, bahkan kartun spesialnya juga adanya si Alisha. Dimana-mana udah dilabelin “heroine” zestiria. Di gim social, majalah, bahkan PVCnya. Eh? Iyaaahhhhh, bahkan Alisha dibikinin PVCnya!! Dan ternyataaa di gimnya perannya cuma member kroco abal2. Cuma sekitar 4-5 jam awal terus minggat. Wow. Minggat. Nggak mbalik lagi. Jujur, awal2 story udah rada ‘nggenah’ padahal. Sore randomly ketemu cewe di ruin, bersahabat, terus bertualang bersama, si cewe awalnya ga bisa liat stand, trus abis diangkat jadi babunya sore isa ndengerin suaranya, trus habis bertualang bersama jadi bisa ngliat stand, lama-lama… bisa hensh----it. Lama-lama bikin sakit mata. Kthx bai. Eh? ehhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
sore: ur gonna be kicked soon -alisha: aww, ur jokin rite?
Rasanya tiba2 kayak ganti writer gitu di tengah2. Alisha randomly dibuang buat rose. Ndak faham saya maksutnya apaan. Pre-release emang popularitas Alisha tinggi sih, uda banyak fanart2nya bertebaran, pipanya juga preordernya banyak keknya. Trus di gim diperlakukan kayak kain pel. Di skit kerjaannya juga dibuli2 mulu. Bahkan di skit PERTAMA edna abis join langsung buli Alisha. Mantab. Mungkin babamco ngliat, eh ini Alisha laku banget de, yuk bikin dlc Alisha aja biar profit! Eh, kalo Alisha dikick jadi dlc, sapa yang gantiin? Errr.. brb bikin cewe random buat gantiin ah. Sore.. brati ama… rose! Im a genios!! Walhasil, pas gimnya rilis, fans pada raeg. Lom puas ngompor2, babamco announce DLC Alisha. Dan semuanya hidup bahagia…… NOOOOooooo. Yang ada malah raegnya makin menjadi2. Akirnya babamco kasi tuh dlc gratis 2 minggu. Sedih bleh ngliatnya. Pengennya cuan malah bocuan.

Oke… mungkin banyak yang bilang protes soal Alisha itu bodo banget. Pipol ar cryin coz deir waifu isn’t in the gaem. Mungkin juga banyak yang bilang Alisha dikick itu bukan tanpa alasan lho, tuh liat bikin sore sakit mata kann…. kannn? TOLONGLAH ya mbok plot device bikin sakit mata itu misal ga ada, kan juga ga masalah. Rose juga abis jadi babu gak bikin sakit mata lho! Trus isa langsung henshin!! Sore aja kaghet! Kok isa?? Tapi kan tapi kan, rose has high spiritual power..and a pure heart!! SHES AN ASSASSIN FOR FFFSAKE. She kills for justice. Shes amazing gurl. Fuck u. Pokoknya gapapa ah kalo rose, Alisha is shit, has no personalities etc. kalo debat masalah Alisha vs Rose emang udah ribet deh, kaya debat prabowo vs jokowi.

Jujur, emang dari awal benernya ga ngarep juga si Alisha isa henshin, kan katanya henshin itu esklusif avatar doang yang isa (tapi rose juga bisa karena f*ck logic). Sementara di iklan2 awal, kata si baba, meski gaisa henshin Alisha isa pake “echo artes” ama stand2. Tapi kayaknya baba uda amnesia. Di gim ga ada echo artes sama sekali.
B: Echo Artes? Wats dat?
B: Alisha? U mean my milking machine?
Padahal ngarepnya, kalo kamui itu semacam “hyoui gattai”, echo artes tu semacam “over soul” gitu, jadi stand langsung ditancep ke senjata. Ga ngerti hyoi gattai ato over soul? Newfag kamu, belajar lagi kartun2 cinak sana.

Bahkan di DLC Alisha masi ga ada tanda2 isa pake “echo artes” thingy itu. Semua hanya mitos.

Buat story, kalau kita kesampingkan masalah Alisha itu tadi, sebenernya ba—g of shit. So-so at best. Bener lho, awal2 ampe Alisha minggat masi decent lah. Suddenly everything goes awry. Hey avatar, kalo mo Alisha selamat, ayo perang buat kami. Trus si sore lupa, hore2 aja eksplor ruin. Karakter lain? Dezel? hooooohh dezel? IMMA GUNNA GIT MUH REVENGGGEE, si buta dari goa hantu, hantu penunggu rose.. yang sebenernya ga perlu di story, kalo rose ga ada. Lulus trial of wind, isa gattai ougi, terus LANGSUNG mati. Wait, what. Langsung mati abis lulus! Super sekali!  Knapa nih gim sensi banget si ama karakter bikinan okumura? Alisha ma dezel, kayak pampers. Sekali pakai buang. Mungkin fujisima jelly ma okumura kali yak, X2 MC yg bikin okumura, trus Alisha juga popular makanya dibuang, ganti generic samefacenya fujisima. Dezel? Yang bikin okumura? HARUS DIBUNUH! Abis mati? Langsung digantiin ama zabida. Langsung seketika. Equipmentnya juga langsung colok. Wow. Yang ga paham itu ngapain zabida ujug2 ambil topinya dezel. Trus dipake. Dan GABISA DILEPAS. Goblok banget. Telanjang tapi pake topi, enggak banget. Bikin sakit mata. Sore juga bingung lho, kok zabida tiba2 join, ngak dari dulu2 aja. Dulu dah ada stand angin si, ntar dobel donk. Skarang dah mati, jadi ane join ya gan. Karakter laen, mbah edna.. rasanya di story g ada andil blas, kcuali awal2 pas bikin jembatan. Trus sisanya.. she’s kinda just… there. Laila masi berguna si, buat form pact2, meski saya ga suka banget desain karakternya, personalitynya juga meh, tiap niatnya nglawak nggak lucu.

Pas kmaren baba bilang ga ada yang namanya cewe ini ‘heroine’ cewe itu ‘heroine’ di zesty, trnyata benerrr banget. Karna heroinnya cowo. Mikleok. Wut. Baru di zesty deh kyknya tales yang paling terang2an pasangan maho. Bahkan sempet wawancara di majalah emang dibilangin kalo sore ma mikleok itu dah kayak pasutri aja de. Fujoshi goes kyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

I mean, seriously, dari lair dah tumbuh besar bersama, dan dah dijodohin ma kakek untuk jadi partner terbaik sore. Mikleok jelly tiap sore omong2an ama cewe lain. Pas mau final battle juga, yang biasanya dialog pair2 antara MC dan heroine…. Di sini dialognya antara sore ma mikleok. Wow. Endingnya juga abis sore tidur panjang langsung jemput pacarnya. So sweet.

Overall, the game feels like a chore. Palagi pas nyari2 bola naga, kudu muter2 ke tempat2 yang JAUHHHHH JAUHHHHH. Untung si isa tele---fuck harus bayar. System skillnya juga rebolusyoner, gajelas plus bikin bingung. Dualize makin susah karena equipment harus sama. Adududuh. Ada system baru, pak RT tiap kampung. Dibayar buat kasi enhancement2 macem2, kalo lv uda gede/max. bahkan tele isa gratis? GRATIS! Tapi buat ngemaxin lv 1 pak rt aja kudu jual anak bleh. Jamin bangkrut.
Oh well, ini bisa buat pelajaran si, jangan trlalu hype ama gim. Butthurt ntar kalo bosox. Thx baba. Dank yu beri muach.

Verdict:
Baba wtf ar u doin/10


ORZ

0 comments:

Post a Comment